Rio Haryanto Raih Hasil Memuaskan pada Tes F1 Manor di Abu Dhabi

Oleh Yus Mei Sawitri pada 02 Des 2015, 00:00 WIB
Rio Haryanto

Bola.com, Abu Dhabi - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, mencatat hasil memuaskan pada tes ban Pirelli bersama tim Formula 1, Manor Marussia, di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Selasa (1/12/2015). Melahap 56 lap, pebalap asal Solo Jawa Tengah ini membukukan waktu lap terbaik 1 menit 49,593 detik.

Catatan waktu Rio sedikit lebih baik dibanding pebalap penguji Manor lainnya, Jordan King. Pebalap berusia 21 tahun tersebut membukukan waktu terbaik 1 menit 49,661 detik.

Total, mobil MR03B milik Manor melahap 115 lap. Rio mendapat giliran menguji mobil pada sesi pagi. Sedangkan Jordan baru turun ke lintasan pada sesi sore. Jika Rio sudah tiga kali menguji mobil F1, bagi Jordan ini adalah kesempatan perdana.

“Sudah cukup lama sejak terakhir kali saya menguji mobil Formula 1 bersama Manor, tepatnya pada 2012. Saya merasa mobil yang saya kemudikan hari ini sangat berbeda (dibanding tiga tahun lalu), terutama karena pengembangan mesin baru,” ujar Rio, seperti dilansir di laman Facebook resmi Manor.

“Dalam sesi pagi, saya merasa terus menunjukkan perkembangan dan bisa memenuhi program dari tim. Jelas ini tes ban Pirelli, jadi kami melakukan seperti permintaan. Tetapi saya senang dengan apa yang saya lakukan hari ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Jordan King mengaku senang mendapat pengalaman menjajal mobil F1 untuk kali pertama. “Saya sangat beruntung bisa mengendarai mobil selama 56 lap. Saya juga senang dengan catatan waktu yang dibukukan, jika mengingat seluruh elemen dari program ini. Saya tak sabar melakukannya lagi. Semoga dalam waktu dekat,” ujar Jordan.

Tes F1 bersama Manor ini sangat penting bagi Rio Haryanto. Pengidola Ayrton Senna itu tengah berjuang menjadi pebalap Manor untuk musim 2016. Hasil tes itu menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan Manor sebelum mengumumkan dua nama pebalap untuk musim depan. Namun, menurut kabar yang beredar Manor bakal memilih pebalap yang bisa memberikan dana terbesar kepada mereka.