Ketika Rio Haryanto Gunakan Hak Suaranya dalam Pemilukada

Oleh Ronald Seger Prabowo pada 09 Des 2015, 21:50 WIB
Rio Haryanto

Bola.com, Solo - Pebalap muda berbakat Indonesia, Rio Haryanto, memberikan hak suaranya dalam pemilihan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo. Kehadiran Rio pun membuat heboh Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Kampung Kalitan, Kelurahan Penumping, Kecamatan Laweyan, Solo, Rabu (9/12/2015). 

Menariknya, Rio memberikan suara tanpa mendapat undangan. Jadi, pebalap yang saat ini tengah berupaya menuju Formula One ini memberikan suaranya hanya mengandalkan KTP.

"Kami sengaja datang ke TPS siang karena tidak mendapat surat undangan. Setelah konsultasi dengan Pak RT, kami bisa memberikan suara setelah jam 12.00 WIB sambil membawa KTP," ujar ibunda Rio, Indah Penywati, yang mendampingi sang anak.

Berdasarkan pantauan bola.com, warga maupun anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) langsung menyapa Rio setelah tiba di TPS. Sejumlah warga pun rela menunggu pebalap yang musim lalu tampil di GP2 tersebut di luar TPS. Usai keluar dari bilik, masyarakat dan petugas KPPS langsung berebut salaman dan berfoto dengan Rio.

"Kebutulan ini sedang pulang ke Solo, bertepatan dengan adanya pemilihan kepala daerah, jadi saya turut memilih yang terbaik buat Kota Solo. Besok saya sudah ke Jakarta untuk mengurus kelanjutan sponsor," ujar Rio.

Pebalap kelahiran 22 Januari 1993 ini memang sedang disibukkan dengan kebutuhan mencari dana segar untuk tampil di F1. Dari total kebutuhan dana 15 juta euro, saat ini pihak Rio baru mengumpulkan dana sekitar 5 juta euro yang berasal dari Pertamina. Artinya masih ada kekurangan 10 juta euro atau sekitar Rp 150 miliar yang harus disetorkan ke tim Manor Marussia.