Ibunda Rio Haryanto: Pemerintah RI Janji Bantu Dana 10 Juta Euro

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 11 Des 2015, 21:20 WIB
Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga, berjanji untuk mencarikan dana 10 juta euro (sekitar Rp 153 miliar) demi mewujudkan mimpi Rio Haryanto tampil di ajang F1 musim 2016.

 

Janji ini disampaikan pihak Kemenpora saat bertemu dengan ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, di kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (11/12/2015). Nantinya, dana itu akan diserahkan kepada Manor Marussia, tim yang memberikan kesempatan untuk Rio tampil di F1.

Jumlah itu sudah cukup bagi Rio untuk memenuhi permintaan Manor sebesar 15 juta euro. Saat ini, Rio sudah mengantongi 5 juta euro yang didapatnya dari bantuan Pertamina.

"Pemerintah berjanji mencarikan dana 10 juta euro. Menpora Imam Nahrawi akan menemui Menteri BUMN, Rini Soemarno, untuk membicarakan kelanjutan soal ini," kata Indah kepada Bola.com, Jumat (11/12/2015) WIB.

Indah mengaku lega dengan hal ini. Selama ini, pihak Rio memang dibuat pusing mencari dana tambahan untuk bisa memenuhi permintaan Manor. "Namun perjalanan masih panjang," ujar Indah.

Sebelumnya, Indah juga mengungkapkan Kemenpora telah mengirimkan surat garansi kepada Manor. Isi surat tersebut mengatakan, pemerintah RI siap membayar uang sponsor yang diminta Manor. Namun, Menpora mengatakan pembayaran itu akan dilakukan secara bertahap.