Rio Haryanto Bahas Kontrak dengan Manor pada 14 Desember

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 12 Des 2015, 11:15 WIB
Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - Langkah Rio Haryanto untuk tampil di Formula One kian dekat. Pebalap asal Solo ini dikabarkan segera bertemu dengan pihak Manor Marussia untuk membahas masalah kontrak.

Saat ini, Rio tengah berada di Singapura. Rencananya, pebalap berusia 22 tahun itu akan bertemu dengan pihak Manor, Senin (14/12/2015), untuk melakukan pembahasan sekaligus penandatanganan kontrak dengan tim F1 tersebut.

"Kemungkinan 1-2 hari ke depan sudah bisa tanda tangan kontrak," kata ibunda Rio, Indah Pennywati, kepada bola.com, Jumat (11/12/2015).

Peluang Rio untuk dikontrak Manor memang semakin besar pasca-mendapat garansi pemerintah Republik Indonesia terkait masalah dana. Seperti diketahui, pemerintah RI, melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga, bakal mengelontorkan dana sebesar 10 juta euro (sekitar Rp153 miliar) untuk memenuhi permintaaan Manor.

Kemenpora juga telah mengirimkan surat garansi kepada Manor. Dalam surat tersebut, Menpora Imam Nahrawi menjamin akan membayar dana tersebut secara bertahap.Tentu dukungan pemerintah ini disambut baik pihak Rio. "Walau begitu perjalanan masih panjang," tutur Indah.

Manor sebenarnya meminta dana sebesar 15 juta euro kepada Rio Haryanto. Namun, saat ini pebalap yang mengidolai Ayrton Senna tersebut baru mengantongi dana 5 juta euro yang didapat dari bantuan Pertamina.