Anggota DPR Minta Penjelasan soal Surat Garansi Rio Haryanto

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 16 Des 2015, 22:30 WIB
Moreno Soeprapto

Bola.com, Jakarta - Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Moreno Soeprapto, meminta penjelasan Menteri Pemuda Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, terkait surat garansi yang dikeluarkan untuk mempelancar proses Rio Haryanto menuju ajang Formula One.

Menurut Moreno, masyarakat perlu tahu seperti apa bentuk jaminan yang dimaksud Menpora dalam surat tersebut. Mantan pebalap nasional itu mengatakan hal tersebut justru sangat penting karena berkaitan dengan proses menggaet sponsor.

"Saya yakin masyarakat belum mengerti Menpora memberikan jaminan seperti apa. Apakah jaminan itu berupa uang, atau apa, karena ini penting untuk menggaet sponsor dari pihak swasta," kata Moreno saat melakukan rapat kerja dengan Menpora di Gedung Nusantara I, Selasa (15/12/15).

Politisi Partai Gerindra ini mengungkapkan pemerintah tak bisa memberikan bantuan dana. Dia menyebut anggaran negara tak boleh dipergunakan untuk mendukung Rio Haryanto.

Pria berusia 33 tahun ini kemudian berharap ke depan pemerintah lebih memperhatikan olahraga profesional. Tak hanya kepada atlet, tetapi juga ajang kejuaraan olahraga profesional.

"Pada tahun mendatang, saya berharap olahraga profesional mendapatkan perhatian yang khusus. Mulai dari bagaimana mekanisme memberikan dukungan untuk sebuah ajang kejuaraan atau kepada atlet," tutur Moreno.