Sukses


Kini Mercedes dan Ferrari Punya Saingan Baru

Bola.com, Paris - Mercedes GP dan Ferrari punya saingan baru di Formula One 2016. Renault memastikan diri ikut persaingan setelah mengakuisisi tim F1, Lotus.

Kepastian ini diumumkan melalui situs resmi Lotus. Disebutkan, Renault Group and Gravity Motorsports S.a.r.l. berhasil mengakuisisi Lotus F1 Team pada 18 Desember 2015.

"Renault Group and Gravity Motorsports S.a.r.l., secara resmi dan berhasil menyelesaikan akuisisi dari kepemilikan saham Lotus F1 Team Limited," demikian pernyataan Lotus dalam situs resminya, Senin (21/12/2015).

Dalam pernyataannya, Lotus memastikan nama tim dan struktur manajemen akan mengalami perubahan. Namun, nama dan struktur baru diumumkan dalam acara resmi di Paris, Februari 2015.

"Untuk sementara, direksi baru telah ditunjuk, dengan Jerome Stoll sebagai ketua dan Cyril Abiteboul sebagai managing director," lanjut pernyataan tersebut.

Renault sebenarnya bukan muka baru di balapan F1. Konstruktor satu ini sudah mengikuti balapan jet darat sejak 1977. Sempat berhenti di tahun 1985, tim yang berbasis di Paris, Prancis, tersebut kembali aktif pada 2002.

Pada akhir musim 2011, Renault menyatakan menarik diri dari F1 lagi. Selepas itu, mereka hanya bertindak sebagai pemasok mesin. Kini setelah hampir lima tahun, Renault kembali siap bersaing dengan Mercedes dan Ferrari.

Renault punya catatan menawan sepanjang keikutsertaannya di F1. Pada musim 2005 dan 2006, mereka sukses merebut gelar juara dunia pebalap dan konstruktor. Saat itu, Renault mengandalkan pebalap Spanyol, Fernando Alonso, dan Giancarlo Fisichella dari Italia.

Video Populer

Foto Populer