Manor Beri Keringanan Uang Muka dari Rio Haryanto

Oleh Bola pada 28 Des 2015, 08:15 WIB
Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - Pebalap GP2 Indonesia, Rio Haryanto mendapat keringanan pembayaran awal (DP) dari Tim F1, Manor Marussia. Selain mengurangi jumlah setoran, Manor juga bersedia menunda tenggat waktu pembayaran.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto. Dispensasi tersebut diberikan lantaran adanya kendala akibat hari libur Natal.

"Pihak Indonesia seharusnya sudah membayar pada akhir Desember, tapi semua tahu kalau kantor-kantor itu sedang libur. Jadi Manor memberikan toleransi kepada kami," kata Gatot saat ditemui bola.com di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (27/12/2015).

"Jadi untuk uang muka kami membayar tidak lagi 40 persen. Kami boleh membayar 3 juta euro (RP 44,8 miliar) terlebih dahulu," sambungnya.

Lebih lanjut, Gatot mengungkapkan jika dana sebesar 3 juta euro tersebut akan dibayar oleh Pertamina, selaku sponsor. BUMN itu sebelumnya sudah berkomitmen akan menggelontorkan dana sebesar 5 juta euro, atau sepertiga dari total 15 juta euro yang dibutuhkan Rio untuk bisa tampil di F1.

Sementara untuk 10 juta euro lainnya, Gatot mengaku jika Menpora Imam Nahrawi masih terus melakukan lobi dengan sejumlah badan usaha untuk mencairkan dana.