Sukses


Bosan Konflik Sepak Bola, Kiper Barito Putera Berniat Jadi PNS

Bola.com, Jakarta Kiper Barito Putera, Aditya Harlan mengaku harus terus memutar otaknya untuk bisa bertahan hidup di tengah kompetisi sepak bola nasional yang mati suri. Salah satu jalan yang ditempuhnya adalah fokus mengejar pendidikan. Ia agaknya mulai bosan melihat konflik sepak bola nasional yang tak berkesudahan.

Gegap gempita stadion yang biasa dirasakan kiper berusia 27 tahun itu tak lagi didapatnya. Sekarang, dia harus berbecek-becek menahan bola di lapangan yang kualitasnya jauh dari kata standar. Namun itulah realitanya. Aditya yang sejatinya menganggap main tarkam hanya pekerjaan sampingan, sekarang menjadi fokus utama.

Pilihan itu harus diambil karena  FIFA mengucilkan dunia persepak bolaan Tanah Air setelah pemerintah  melakukan intervensi karena membekukan PSSI. Berhentinya kompetisi bal-balan di Indonesia membuat dampak yang masif kepada para pihak yang mencari nafkah di olahraga ini.

"Saya dibayar 1,5 juta sekali main (2x30) menit, lumayan lah buat pemasukan tambahan. Karena sepak bola Indonesia juga tidak jalan, sekalian jaga kondisi juga," jelas mantan penggawa Persibo Bojonegoro tersebut kepada Bola.com.

Masa depan pesepak bola Indonesia banyak yang terlantar karena mereka kerap kali berfoya-foya saat masih aktif bermain. Namun ketika karier mereka memasuki fase akhir, para pemain akhirnya luntang-lantung. Demi menyiapkan masa depannya, Aditya memilih konsentrasi ke jalur pendidikan.

"Rencananya saya mau ambil S2 bang jurusan komunikasi. Khawatir juga soal masa depan setelah nanti pensiun. Mungkin setelah kuliah lagi, saya mau jadi Pegawai Negeri Sipil saja."

Tahun lalu, Aditya sendiri tak bisa unjuk gigi banyak bersama Laskar Antasari karena cedera patah tangan yang membelitnya. Namun baru bermain tiga kali di musim yang baru, tapi QNB League dihentikan di tengah jalan.

Baca Juga:

Nova Zaenal: Bermain Tarkam Bahaya? Itu Anggapan Berlebihan

Liga Dihentikan, Pemain Persebaya Ramai-ramai Main Tarkam

Penyerang Asing Persebaya Kepincut Main Tarkam

Video Populer

Foto Populer