Sukses


Ini Alasan Persipura Jayapura Tak Ikut Piala Indonesia Satu

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura memastikan tidak ambil bagian dalam turnamen Piala Indonesia Satu yang dimulai 15 Agustus 2015. Absennya empat kali jawara Liga Indonesia ini lantaran tim yang sudah terlanjur dibubarkan.

Ketua Umum Persipura, Benhur Tommy Mano secara resmi membubarkan Persipura pada 5 Juni lalu. Keputusan itu diambil setelah kegagalan Persipura berpartisipasi di babak 16 besar Piala AFC.

Sekretaris umum Persipura, Rocky Bebena, mengaku telah mengirim surat kepada Mahaka Sports and Entertaintment sebagai promotor Piala Indonesia Satu, yang menyatakan ketidakikutsertaan tim Jayapura.

Dalam suratnya, Bebena menyatakan ada dua poin besar yang melandasi absennya skuat Mutiara Hitam. Pertama adalah karena klub sudah bubar. Kedua, karena tim telah mendeklarasikan pada pemain bahwa klub vakum hingga waktu yang belum ditentukan.

Selain itu, klausul kontrak yang telah Persipura buat dengan sponsor, melengkapi ketidakhadiran Boaz Solossa dkk di turnamen yang sudah mendapatkan restu dari PSSI ini.

"Kami hanya mau ikut turnamen atau kompetisi resmi yang diakui oleh AFC dan FIFA, yaitu yang digelar oleh federasi resmi, PSSI. Sedangkan turnamen itu bukan digelar oleh PSSI," kata Bebena saat dihubungi Bola.com.

"Klausul kontrak kami dengan Bank Papua dan Freeport berbunyi hanya akan mendukung di kompetisi yang digelar dua lembaga tersebut. Jika kami ikut yang lain, selain menyalahi aturan, Persipura melanggar kontrak tersebut," tandasnya.

Untuk sementara, Piala Indonesia Satu akan diselenggarakan dengan 12 klub ISL. Jumlah ini mungkin akan bertambah karena dikabarkan Mahaka masih menjalin komunikasi dengan Sriwijaya FC dan Semen Padang FC.

Nantinya, Bali United, Persib Bandung, Arema Cronus, dan PSM Makassar akan bertindak sebagai tuan rumah penyisihan grup Piala Indonesia Satu. 

Baca Juga:

Sebanyak 12 Klub ISL Pastikan Berlaga di Piala Indonesia Satu

Isu Transfer Hot Boaz Solossa di Liga Ramadhan Makassar

Persipura Bubar, Boaz Solossa Jalani Hari-hari sebagai PNS

Video Populer

Foto Populer