Maldini Pali Tinggalkan PSM Demi Masa Depan

Oleh Abdi Satria pada 05 Agu 2015, 18:03 WIB
Diperbarui 05 Agu 2015, 18:03 WIB
Maldini Pali
UJIAN - Maldini Pali bersiap menjalani ujian semester di UNY. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Bola.com, Makassar - Winger muda PSM Makassar, Maldini Pali, akan meninggalkan latihan PSM mulai Kamis (6/8/2015) sampai Sabtu (15/8/2015). Maldini akan bergabung bersama rekannya di PSM, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, dan eks timnas U-19 lainnya.

Gelandang yang pernah berguru di Leicester City dan SAD Uruguay ini akan mengikuti ujian semester di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Yogyakarta.

"Saya sudah mendapat izin dari pelatih dan manajemen. Sebenarnya tak enak juga meninggalkan tim. Tapi, ujian ini juga bagian dari masa depan," ujar Maldini kepada Bola.com, Rabu (05/08/2015).

Menurut Maldini, aturan di kampusnya memang mengharuskan dirinya hadir saat ujian semester. Berbeda dengan pengayaan materi kuliah yang menerapkan sistem belajar jarak jauh. "Jadi saya bisa belajar dimana saja dan waktunya fleksibel," papar Maldini.

Dikonfirmasi, pelatih sementara PSM, Assegaf Razak, membenarkan pernyataan Maldini. "Saya berharap, Maldini bisa menjaga kondisinya. 10 hari itu cukup lama buat seorang atlet libur latihan," jelas Assegaf.

Hal senada dikatakan Sumirlan, Direktur Teknik PSM. Menurut eks kapten PSM ini, manajemen tidak bisa melarang Maldini dan Muchlis ikut ujian di kampusnya.

"Tapi, manajemen yakin keduanya bisa bersikap profesional. Apalagi, di Yogyakarta kan mereka bisa berlatih bersama dengan eks timnas U-19 lainnya dan jurusan mereka olahraga," jelas Sumirlan.

Kondisi yang dialami PSM ini juga terjadi di Persebaya. Enam pemain muda Persebaya juga minta izin meninggalkan latihan rutin untuk mengikuti ujian semester di kampus masing-masing. Mereka adalah Sahrul Kurniawan, Fatchur Rochman, Hargianto, Zulfiandi, Putu Gede Juniantara, dan Ilham Udin Armaiyn.

Beberapa di antaranya seperti Hargianto, tercatat merupakan rekan kuliah Muchlis dan Maldini di UNY. Selain itu ada pula eks pemain timnas U-19 lain seperti Ravi Murdianto, Yabes Roni Malaifani, Dinan Javier Yahdian, Septian David Maulana, dan Rudolof Yanto Basna.

Baca Juga :

Enam Pemain Izin Mengikuti Ujian, Stok Pemain Persebaya Menipis

Jelang Piala Presiden 2015, PSM Masih Rawan di Lini Belakang

PSM Makassar Butuh Lawan Uji Coba setelah Piala Presiden