Sukses


Wawancara Hanif Sjahbani: Masih Mimpi Main di Luar Negeri

Bola.com, Jakarta - Setelah Evan Dimas dan Ryuji Utomo Prabowo, pemain muda Indonesia mencoba peruntungan berkarier ke luar negeri, Hanif Sjahbandi direncanakan bakal menyusul.

Lewat bantuan agen pemain Muly Munial, Hanif yang tercatat sebagai salah satu siswa Akademi Sepak Bola Persib Bandung, dijadwalkan akan menjalani tes di negara yang masih dirahasiakan.

Bagi Hanif yang jebolan Indonesia Football Academy, menjalani tes di luar negeri bukanlah sesuatu yang baru. Pasalnya, pada tahun 2011, pesepak bola belia berusia 18 tahun tersebut pernah melakukan trial dengan klub Premier League, Stoke City.

Kepada Bola.com Hanif menceritakan rencana trialnya dan juga kisahnya saat bermain di Stoke City. Berikut petikan wawancaranya:

Kapan Anda berangkat trial ke luar negeri?

Saya belum tahu kapan pastinya, yang jelas dalam waktu dekat ini katanya.

Klub luar negeri mana yang jadi tujuan Anda?

Saya belum tahu ke klub mana, tanyakan saja langsung ke agen saya ke Muly Munial, ia yang mengatur semuanya. (Bocorannya Hanif akan unjuk kemampuan ke Spanyol atau Jepang).

Sebelumnya Anda pernah menjalani tes di klub Inggris, Stoke City?

Ya benar, saya pernah trial di Stoke City saat usia saya 14 tahun. Kevin Kent mantan pemain sayap West Brom Albion, yang melatih Indonesia  Football Academy (IFA), ia yang merekomendasikan saya untuk mengikuti  trial ke Stoke. Saya di Inggris selama tiga pekan. Dan saya yakin apa yang saya alami beberapa tahun lalu jauh berbeda sengan sekarang. Dulu saya menjalani tes untuk masuk tim junior. Sekarang kalau saya menjalani trial buat tim utama. Saingan saya pemain senior.

Apa pembelajaran yang Anda Dapat saat menjalani trial di Inggris?

Saya mendapatkan banyak pengalaman dari luar negeri. Cara bermain pemain Inggris berbeda sekali dengan negara kita. Bicara pola pembinaan juga demikian. Pembinaan di setiap jenjang usia amat teratur. Fasilitas yang mendukungnya juga kelas satu.

Apa modal Anda untuk kembali mencoba peruntungan di luar negeri?

Kelebihan saya adalah mental yang kuat dan daya juang yang tinggi. Semoga saya bisa mendapat kontrak dari  klub yang mencoba kemampuan saya. Kali ini saya lebih siap, apalagi jika bicara usia kini saya lebih matang dari sebelumnya.

Baca Juga:

Pesan Mursyid Effendi buat Evan Dimas yang Trial ke Spanyol

Ryuji Utomo Selangkah Lagi Gabung Al Najma, Siapa Mau Menyusul?

Evan Dimas Pilih ke Spanyol, Adam Alis Nafsu ke Jepang

Video Populer

Foto Populer