Sukses


Eks Pemain Asing Persib Ini Ikut Merana Indonesia Disanksi FIFA

Bola.com, Perth - Masih ingat dengan Robert Mark Gaspar? Pesepak bola asal Australia yang kini sudah gantung sepatu itu tercatat pernah membela Persiba Balikpapan, Persita Tangerang, hingga Persib Bandung. Lama tak terdengar kiprahnya, Robert Gaspar yang terkenal dengan nama Robbie Gaspar ini angkat bicara soal sepak bola Indonesia dan sanksi FIFA yang menimpa sepak bola Indonesia.

"Saya ikut terpukul dengan sanksi FIFA yang diterima Indonesia tanpa terlihat adanya solusi untuk mengatasi persoalan," ujar Gaspar kepada ESPN Asia.

"Semakin menyakitkan bila melihat sepak bola di Malaysia dan Thailand berjalan baik, padahal sepak bola Indonesia sesungguhnya memiliki potensi dan gairah melebihi negara manapun di Asia. Tapi, itulah yang terjadi bila ada orang yang terlibat di olahraga untuk alasan yang keliru," imbuhnya.

Tujuh tahun berkiprah di Indonesia tampaknya membuat Gaspar memahami benar situasi dan iklim sepak bola negeri ini. Sebagai mantan pemain yang pernah membela klub lokal Tanah Air, Gaspar yang sekarang jadi selebritas lokal Perth itu ikut merasakan derita pemain.

"Pemain lokal, fans, dan kompetisi menderita. Dibutuhkan kerja keras dan waktu tak singkat bagi Indonesia untuk bangkit dari semuanya itu," kata mantan pemain yang juga aktif di FIFPro. "Hingga sekarang saya masih takjub dengan fanatisme suporter di Indonesia, dengan komitmen dan kecintaan mereka terhadap klub," akunya.

Dalam kesempatan sama Gaspar menceritakan pertemuannya dengan mantan Presiden Bambang Susilo Yudhoyono di University of Western Australia di Perth, pekan lalu. Gaspar yang kini belajar bahasa Indonesia dan ilmu akuntansi di Murdoch University ini tak menyia-nyiakan kesempatan ngobrol dengan SBY soal sepak bola.

Seperti dikutip dari ESPN Asia, Rabu (30/9/2015), Gaspar berbincang dengan SBY dan menuturkan bagaimana sepak bola bisa makin mempererat hubungan Australia-Indonesia. "Kami di sini hanya tak mengetahui betapa populernya sepak bola di Indonesia. Beliau juga menceritakan kepada saya bila sang istri (Ani Yudhoyono) sangat menyukai sepak bola," kata Gaspar, yang juga memiliki hubungan karib dengan Chris John itu.

Baca Juga :

FIFA akan Datang ke Indonesia untuk Bantu PSSI

Sanksi FIFA Mengancam Piala Wali Kota Padang 2016

Sanksi FIFA Bikin Indonesia Absen di ASEAN Super League 2016

 

Video Populer

Foto Populer