Sukses


Kacau! Mau Kick-off, Pra PON Zona Kalimantan Dihentikan Polisi

Bola.com, Banjarmasin- Gelaran babak kualifikasi PON cabor sepak bola benar-benar kacau dan berhenti total. Setelah zona Sulawesi I yang akan digelar Minggu (4/10/2015), di Stadion HS Mengga, Polewali, Mandar, Sulbar tak dapat izn Mabes Polri, giliran Zona Kalimantan yang siap kick-off di Stadionn 17 Mei Banjarmasin, Kalsel, distop kepolisian setempat.

Padahal dua tim yang akan bertanding jam pertama, Kalbar dan Kaltara sudah berada di stadion lengkap dengan kostum kebesaran mereka. Perangkat pertandingan pun siap memimpin pertandingan.

"Pra PON batal karena ada imbauan dari Kapolri tak boleh menggelar pertandingan. Agenda bisa jalan kalau ada rekomendasi dari Tim Transisi. Pihak kepolisian bekerja berdasar izin dari lembaga bentukan Kemenpora itu," sebut Baktiansyah, Sekretaris Panpel.

Penghentian ini menurut pelatih tim Kalsel Mundari Karya sangat menyakitkan para peserta. Pasalnya, mereka telah berada di Banjarmasin dengan mengerahkan energi dan biaya tidak sedikit.

"Kasihan teman-teman dari Kalbar dan Kaltara yang telah datang dengan perjuangan keras. Mereka ke Banjarmasin naik bus dengan menempuh jarak yang sangat jauh hanya ingin menjalankan pertandingan. Kami jadi korban konflik pihak lain," kata Mundari Karya.

Mundari menuntut Tim Transisi bertanggung jawab atas pembatalan ini. "Mereka jangan hanya bisa menggagalkan. Mereka harus memberi solusi, bagaimana nasib tim-tim ini. Kalau mereka memang ingin mengambil alih atau menggelar dengan sistem yang dikehendaki, ayo secepatnya dirumuskan," ucap Mundari yang juga telah memboyong Paulo Sitanggang dkk. ke stadion untuk menghadapi tim Kalteng pada laga kedua.

Sebelumnya, panpel mengaku sudah mendapatkan izin dari Polda Kalimantan Selatan dan Polresta Banjarmasin pada Sabtu (3/10/2015). Namun, tiba-tiba setelah Mabes Polri tak memberi rekomendasi, Polda Kalsel mengimbau agar laga ditunda.

Tim Transisi memang sempat mengancam Asprov PSSI yang tidak patuh dengan menghambat izin dari kepolisian. Tim Transisi meminta Asprov berkoordinasi untuk menggelar kualifikasi. 

Babak kualifikasi PON zona Kalimantan diikuti tim Kalbar, Kalteng, dan tuan rumah Kalsel. Zona ini dapat jatah satu tiket untuk melangkah ke PON Jabar 2016. Kaltim sebagai juara bertahan PON Riau 2012 otomatis tampil di Jabar.

Baca Juga:

Pra PON Sulawesi tanpa Izin: Sulsel Pulang, yang Lain Nekat Main

Panpel Pra PON Belum Kantongi Izin, Evan Dimas Ditahan Dulu

Evan Dimas: "Kami Tak Akan Jadi Rendah karena Membela TIM PON"

Video Populer

Foto Populer