Sukses


Soal Pra PON Sepak Bola, Kemenpora Sesalkan Pernyataan Ketum KONI

Bola.com, Jakarta - Juru bicara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S. Dewa Broto mengungkapkan pihaknya tidak senang dengan komentar yang dikeluarkan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Tono Suratman. Hal itu berkaitan dengan pernyataan Tono yang membantah telah menjalin kesepakatan dengan Tim Transisi untuk menggelar Pra PON cabang sepak bola.

Kemenpora telah bertemu dengan KONI dan Tim Transisi di kantor Kemenpora, Selasa (6/10/2015) kemarin. Di pertemuan itu KONI diwakili oleh Wakil Ketua Umum Inu Nugroho, dan Sekretaris Jenderal E. F Hamidy. Sedangkan Tim Transisi diwakili Bibit Samad Rianto dan Cheppy T. Wartono.

Hasil dari pertemuan tersebut kedua belah pihak sepakat untuk berkolaborasi dalam Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) cabang sepak bola. Jadwal Pra PON yang telah dibuat oleh PSSI mengalami perubahan seiring tidak terbitnya izin dari pihak kepolisian.

Sesuai kesepakatan baru, kualifikasi PON 2016 cabor sepak bola akan dilangsungkan pada November 2015. Jadwal itu sesungguhnya mengacu pada jadwal yang sudah dibuat Tim Transisi.

Menariknya, beberapa jam setelah pertemuan itu, Tono yang tidak hadir saat bertemu dengan KONI membantah adanya kesepakatan yang terjalin. Ia juga mengungkapkan bahwa Tim Transisi tidak bisa seenaknya menggantikan tugas PSSI untuk mengelola Pra PON cabang sepak bola.

Sebab KONI sudah mengeluarkan surat tertanggal 26 Agustus 2015 dan memberikan kewenangan kepada PSSI menjadi pelaksana dan penyelenggara babak kualifikasi cabang olahraga tersebut.

"Kemarin pak Tono telah menugaskan jajaran untuk berdiskusi dengan Tim Transisi yang difasilitasi Kemenpora. Seharusnya dia menghormati hasil dari keputusan diskusi itu," kata Gatot saat dihubungi Bola.com, Rabu (7/10/2015).

"Pihak Kemenpora menyesalkan dengan adanya komentar itu. Aturan pak Tono mengerti keputusan itu karena saat ini PSSI status dibekukan, dan tugasnya sedang diambil alih oleh Tim Transisi," ia menambahkan.

Baca juga :

Tim Transisi Masih Menunggak Sewa Stadion di Piala Kemerdekaan

Ditanya Hadiah PSMS, Ketua Tim Transisi: Saya Bukan Peramal!

Dana Sponsor Belum Cair, Uang Hadiah Piala Kemerdekaan Tertahan

Video Populer

Foto Populer