Ini Alasan Pelatih PSM Tunjuk Maldini Pali Jadi Kapten Tim

Oleh Abdi Satria pada 24 Okt 2015, 10:00 WIB
Diperbarui 24 Okt 2015, 10:00 WIB
Maldini Pali
Maldini Pali (tengah rompi hijau), akan menjadi kapten tim PSM pada turnamen Habibie Cup 2015. (Bola.com/Ahmad Latando)

Bola.com, Makassar - Pelatih PSM Makassar, Syafril Usman mengungkapkan dirinya punya alasan khusus menunjuk Maldini Pali jadi kapten Juku Eja pada turnamen Habibie Cup 2015.

Di mata Syafril, Maldini punya kemampuan baik dari sisi teknis maupun pemahaman karakter tim. Apalagi, manajemen PSM sudah memutuskan menurunkan pemain U-21 pada ajang yang berlangsung di Stadion Gelora Mandiri Parepare, 28 Oktober-10 November.

"Maldini adalah salah satu produk Juku Eja yang mengawali karir di PSM U-15," ungkap Syafril kepada bola.com usai memimpin latihan PSM di Lapangan Karebosi, Jumat (23/10/2015) petang.

Selain itu, Syafril punya alasan lain dari sisi mental. Eks striker PSIS Semarang ini ingin kepercayaan diri Maldini bisa kembali setelah sempat tenggelam karena jarang ditampilkan oleh pelatih PSM, dari era Alfred Riedl (ISL 2015) sampai Assegaf Razak (Piala Presiden).

Maldini kalah bersaing dengan seniornya, Kurniawan Karman yang tipikalnya hampir sama. Pamor Maldini sebagai salah satu aset sepak bola Indonesia pelan tapi pasti meluntur. Tak hanya di klub, Maldini juga kalah bersaing di timnas U-23. Ia tak lolos ke skuat utama timnas U-23 pada Kualifikasi Piala AFC U-23 dan SEA Games 2015.

"Bagi saya, Maldini adalah pemain multitalenta. Saya berharap dengan jadi kapten PSM di Habibie Cup kepercayaan dirinya kembali," paparnya.

Dikonfirmasi, Maldini mengaku tidak terbebani diberi tugas jadi kapten PSM. Eks pemain sayap timnas U-19 ini malah mengaku semakin termotivasi untuk tampil baik bersama PSM di Parepare. "Semoga saya dan rekan-rekan bisa tampil baik di Habibie Cup nanti," katanya.

Baca Juga:

Diincar PSM, Bayauw Enggan Meninggalkan Mitra Kukar

Pemain Ini Ingin Gantikan Peran Ferdinand Sinaga di PSM

Eks Gelandang PSM dan Sriwijaya Tutup Usia