Lancine Kone Mudik, Arema Tidak Berniat Perpanjang Kontrak

Oleh Iwan Setiawan pada 26 Okt 2015, 08:00 WIB
Diperbarui 26 Okt 2015, 08:00 WIB
Lancine Kone
Lancine Kone dilepas Arema karena playmaker asal Pantai Gading itu masih jadi milik Persipura. (Bola.com/Erwin Fitriansyah)

Bola.com, Malang - Playmaker Lancine Kone resmi mengakhiri kerja sama dengan Arema Cronus. Meski tampil gemilang dengan torehan empat gol, manajemen dan tim pelatih Singo Edan sepakat tidak memperpanjang kontrak sang pemain. Kone datang ke Malang dengan status pemain pinjaman dari Persipura Jayapura, kontraknya jangka pendek hanya sepanjang Piala Presiden 2015 saja.

Playmaker kidal ini memilih pulang kampung halamannya, Pantai Gading, pada Sabtu (24/10/2015). Arema memiliki sejumlah pertimbangan hingga memutuskan idak menahan eks temain Sriiwijata FC itu. Meski memang peran Kone cukup penting di Arema.

CEO Arema, Iwan Budianto, mengakui kerja sama awal dengan Kone memang hanya dua bulan. Setelah itu, kedua pihak sepakat tidak ada lagi kontrak tambahan karena Kone ternyata masih memiliki kesepakatan harus kembali ke Persipura bila Tim Mutiara Hitam sudah aktif latihan.

Arema tak ingin ketergantungan dengan pemain klub lain. Karena itu, akan merugikan bila Kone terlanjur jadi andalan, tapi di tengah jalan ditarik klub asal.

"Kone masih punya Persipura. Kami sudah bicara dengan manajemennya hanya menggunakannya untuk Piala Presiden. Jadi kami menepati kesepakatan itu," kata Iwan.

Arema masih mencari sosok pengganti Kone karena terdekat ada program uji coba ke Martapura (31/10/2015), Solo (8/11/2015) melawan Persis Solo dan kembali ikut turnamen yang diselenggarakan Mahaka pada pertengahan November.

"Sekarang kami masih mencari pemain tambahan. Bisa lokal, bisa juga asing. Jadi saat uji coba nantu ekalian buat seleksi. Kalau bagus, tentu ada peluang besar untuk dikontrak," imbuh General Manager Arema, Ruddy Widodo.

Saat ini Arema Cronus membutuhkan seorang playmaker tim. Tercatat sudah dua pemain asing yang dicoba mengisi posisi tersebut, yaitu Sengbah Kennedy dan Lancine Kone. Khusus Sengbah, dia dinilai gagal dan harus dicoret pada Juli lalu. "Tim ini butuh sosok playmaker seperti Gustavo Lopez (musim 2014). Semoga nanti dapat pemain seperti itu," harap pelatih Arema, Joko Susilo.

Baca Juga :

Setelah Arema, Martapura FC Mungkin Undang Persib

Ini Rencana Lancine Kone seusai Piala Presiden 2015

Lancine Kone, Matang Ditempa 3 Negara