Sukses


Inilah 2 Gelandang Muda Terbaik Indonesia Pilihan Firman Utina

Bola.com, Jakarta - Meski belum berencana pensiun dari sepak bola, Firman Utina berharap ada regenerasi pemain tengah, khususnya gelandang serang di tim nasional. Dari sekian banyak pemain, Firman memilih Evan Dimas dan Paulo Oktavianus Sitanggang sebagai penerusnya di timnas. 

Menurut Firman, karakter dua pemain itu berbeda. Tetapi, ia yakin Evan dan Paulo bisa berkembang dan menjadi andalan di tim nasional. Firman menyebut, dari dua pemain itu, karakter Evan yang paling mirip dengannya.

"Bila satu atau dua tahun lagi timnas sudah aktif lagi, saya ingin Evan Dimas dan Paulo Sitanggang tampil sebagai pemain timnas senior. Keduanya punya kemampuan bagus dan layak jadi gelandang masa depan Indonesia," kata Firman kepada bola.com.

"Kalau dengan Evan saya pernah bareng di timnas Piala AFF. Karakter bermainnya hampir mirip dengan saya, tapi Evan juga bisa jadi striker kedua. Sementara, Paulo lebih fokus di tengah," katanya.

Selain dua pemain itu, menurut Firman, Eka Ramdani masih layak jadi gelandang di timnas. Khusus Eka, kansnya bergabung kembali dengan timnas memang sulit karena usianya sudah 31 tahun. Sementara, saat ini timnas Indonesia tak bertanding akibat sanksi FIFA.

"Sampai sekarang saya pikir Eka Ramdani masih jadi salah satu gelandang terbaik Indonesia," ucap Firman.

Firman menambahkan, sanksi FIFA untuk Indonesia membuat proses regenerasi timnas tak berjalan. Pasalnya, timnas di semua level absen pada kejuaraan dan pertandingan internasional. Hal itu membuat masa depan timnas semakin tidak pasti. Apalagi, sampai saat ini belum ada tanda-tanda kapan kisruh PSSI-Menpora berakhir. Sebagai pemain, Firman berharap para elite sepak bola Indonesia bersatu demi kepentingan yang lebih besar.

"Sangat rugi apabila tahun depan Indonesia masih disanksi. Sudah jelas ada agenda Piala AFF, belum lagi timnas usia muda. Saya kira pemerintah juga jangan terpaku pada turnamen, tapi pikirkan masa depan timnas Indonesia," kata kapten Indonesia pada Piala AFF 2010 ini.

Menurut Firman, kekosongan agenda timnas membuat talenta muda seperti Evan dan Paulo sia-sia. Kedua pemain itu seharusnya sedang dalam masa emas. "Jangan dibiarkan berlarut-larut. Kasihan pemain muda," tegas Firman.

Firman Utina akan bertemu dengan Evan Dimas dan Paulo Oktavianus Sitanggang pada turnamen Habibie Cup 2015 di Parepare, Sulsel. Firman akan memperkuat Sidrap United (Sidenreng Rappang), sementara Evan Dimas di Persipare Parepare, dan Paulo bergabung Persiban Bantaeng. Bagi Firman, bermain tarkam sudah biasa. Apalagi, selain faktor ekonomi, pemain juga butuh ajang untuk menjaga kondisi.

"Tidak enak kalau terlalu lama libur akibat kompetisi vakum," kata Firman.

Firman Utina akhir-akhir ini rajin main tarkam. Selain di Habibie Cup, pada satu hari setelah Persib Bandung tiba di Bandung usai menjalani pertandingan final Piala Presiden, Firman langsung bergeser ke Banjarnegara, Jateng. Di Banjarnegara, Firman Utina bersama empat pemain Persib lainnya memperkuat Andalas Kayuares pada Piala Bupati Banjarnegara. 

Video Populer

Foto Populer