Sukses


3 Alasan Manajemen GU Mengganti Liestiadi dengan Widodo C. Putro

 

Bola.com, Gresik - Manajemen Gresik United telah menunjuk Widodo C. Putro sebagai pelatih kepala di turnamen Piala Jenderal Sudirman, menggantikan posisi Liestiadi. Ada tiga alasan yang dikemukakan manajemen memasukkan nama Widodo.

Pertama untuk penyegaran tim. Kedua, penunjukan Widodo juga untuk mengubah peruntungan. Alasan ketiga adalah GU ingin memberikan kesempatan pada pelatih lokal Gresik untuk menunjukkan kapasitasnya di kancah sepak bola nasional. 

“Kami punya pelatih lokal berkualitas. Daripada dimanfaatkan klub lain, mending kami optimalkan untuk tim Gresik United,” tutur Bagus Cahyo Yuwono, manajer GU. 

Secara keilmuan, Widodo tak perlu diragukan. Pelatih kelahiran Cilacap, 8 November 1970 ini sudah mengantongi lisensi A AFC. Ia juga memiliki pengalaman menjadi pelatih kepala Petrokimia Putra dan Persela Lamongan. Mantan striker timnas ini terakhir menjadi asisten pelatih Alfred Riedl di timnas senior pada Piala AFF 2010 dan 2014.

Bagi Widodo, penunjukan dirinya sebagai pelatih kepala GU adalah sebuah amanah yang harus ia jalankan sebaik-baiknya. Meski tak dibebani target tinggi, ia ingin memberikan prestasi yang membanggakan GU.

Baca Juga

“Ketika saya ditunjuk, dalam hati saya bilang, ini saat yang tepat untuk mengabdi pada kota yang membesarkan nama saya. Bukan janji, tapi saya akan berusaha keras untuk berikan yang terbaik pada tim ini,” ujar pemain yang mengawakli karier profesionalnya bersama tim Galatama, Warna Agung.

Manajemen Gresik United tak menyebutkan alasannya secara teknis mengganti Liestiadi. Namun jika melihat hasil GU di Piala Presiden 2015, bisa jadi Liestiadi dianggap gagal mengemban tugasnya.

Selama tampil di babak penyisihan, GU gagal total. Bima Sakti dkk saat itu tak meraih satu pun poin karena tak meraih kemenangan sekali pun dari tiga laga yang dijalani. Mereka pun tercecer di urutan paling buncit klasemen akhir.

Namun Bagus membantahnya, “Saya sudah kasih kesempatan untuk pelatih dari luar Gresik. Sekarang saatnya kami berikan kesempatan yang sama untuk pelatih lokal. Siapa tahu, karena asli Gresik, dia lebih mengenal karakter dan tipikal permainan Gresik United,” sebutnya.

Video Populer

Foto Populer