Sukses


Arema Cronus Kritisi Aturan Memainkan Pemain U-21

Bola.com, Arema - Aturan tentang kewajiban menurunkan dua pemain U-21 sebagai starter di Piala Jenderal Sudirman dipandang aneh oleh Arema Cronus. Ada potensi klub-klub bakal mengakali aturan tersebut yang justru memengaruhi mental para pemain muda.

Di Piala Jenderal Sudirman, tiap klub dalam satu pertandingan bisa melakukan pergantian enam pemain (normalnya tiga). Aturan ini bisa jadi celah bagi klub untuk mengakali aturan kewajiban menurunkan pemain belia U-21. "Klub bisa menyiasatinya hanya memainkan pemain U-21 di menit  awal kemudian menariknya lagi diganti dengan pemain senior. Kalau sudah  begitu, pemain muda mentalnya bisa jatuh," protes pelatih Arema, Joko 'Getuk' Susilo.

Sebenarnya untuk persyaratan pemain U-21 Arema bisa memenuhinya. Karena mereka punya tiga pemain yang usianya baru di bawah 21 tahun. Yaitu Utam Rusdiana (20), Junda Irawan (19) dan Dio Permana (19). Namun, tim pelatih masih merasa riskan jika memainkan mereka sejak menit awal.

Karena mereka masih minim pengalaman mengarungi pertandingan sarat tekanan. Andai saja aturan tersebut disosialisasikan jauh-jauh hari, Arema bisa menyiapkan tiga pemain muda itu dengan memperbanyak kesempatan main di sesi uji coba. 

Sehingga saat Piala Jenderal Sudirman dimulai, tiga pemain mudanya sudah siap mental. Tapi kenyataannya sekarang, Utam, Dio dan Junda baru dapat kesempatan main saat ujicoba yang levelnya lawan klub ringan.

Sehingga mental mereka belum begitu terasah kala menghadapi sebuah pertandingan besar. Sekalipun tiga pemain itu sudah punya pengalaman masuk di skuat Timnas Indonesia U-19. "Tapi apa mau dikata sekarang aturan itu sudah dikeluarkan oleh penyelenggara. Mau tak mau kami akan mengikutinya ," ujar Joko Susilo.

Arema Cronus memasang target tinggi masuk babak final Piala Jenderal Sudirman. Guna mewujudkannya mereka menyiapkan para pemain yang sudah matang pengalaman. Tapi munculnya aturan pemain U-21 membuat tim pelatih harus mengutak-atik strategi lagi untuk menyisipkan pemain muda di starting eleven.

Video Populer

Foto Populer