Arema Cronus Tak Bisa Santai Menjelang Hadapi PBR

Oleh Iwan Setiawan pada 12 Nov 2015, 15:40 WIB
Arema Cronus

Bola.com, Malang - Skuat Arema Cronus tak bisa bersantai pasca-menang telak pada laga pembuka Piala Jenderal Sudirman Selasa (10/11/2015). Ada tiga hal yang dibenahi oleh pelatih Singo Edan Joko Susilo menjelang laga kedua kontra Persipasi Bandung Raya (PBR) Senin (16/11/2015), yakni kondisi, koordinasi, dan konsentrasi pemain.

Pemain Arema belum mendapatkan libur setelah melakoni laga perdana. Pada Rabu (11/11/2015), mereka latihan di lapangan futsal Araya. Sedangkan Kamis (12/11/2015) pagi, Ahmad Bustomi dkk. melahap program lebih berat di lapangan Kusuma Agrowisata.

"Pada pertandingan melawan PBR kami harus main lebih baik, karena pada laga pembuka kemarin belum maksimal secara permainan," kata pelatih Arema Joko Susilo.

Selama satu setengah jam, pemain Arema melakukan beberapa variasi latihan, dimulai gim kecil untuk memperbaiki koordinasi dan strategi. Setelah itu, empat pemain bergiliran memperbaiki kondisinya di pinggir lapangan. Ada materi kecepatan dan kelincahan yang diberikan tim pelatih.

"Cara bermain PBR yang sekarang saya belum tahu. Karakter pelatihnya (Peter Huistra) berbeda dengan yang dulu. Tapi materi pemain PBR masih sebagian besar sama. Banyak pemain muda yang punya karakter ngotot," tegas dia. 

Hingga beberapa hari kedepan, program latihan Singo Edan masih tidak jauh beda. Jika tiga hal itu dirasa sudah membaik, latihan strategi jadi fokus utama. Skuat Arema dalam beberapa hari ke depan akan tetap berlatih di Kusuma Agrowisata Batu. Pasallnya, lokasi dan lapangan Agrowisata dinilai pas untuk memperbaiki kondisi, konsentrasi, dan koordinasi permainan.

"Sementara kami latihan di Batu. Alasan lain, di Malang mulai sulit lapangan," imbuhnya.

Stadion Gajayana yang selama ini jadi tempat latihan mulai digunakan oleh peserta Grup A Piala Jenderal Sudirman, seperti Sriwijaya FC, PBR dan Gresik United. Sedangkan di Batu, Arema hanya berbagi lapangan dengan Persija Jakarta.

Arema Cronus untuk sementara memimpin puncak klasemen Grup A, setelah mengalahkan Gresik United 4-1 pada laga pertama di Stadion Kanjuruhan. Samsul Arif membukukan hat-trick dalam pertandingan itu dan satu gol lainnya dicetak oleh pemain asal Spanyol, Kiko Insa.