Bintang PSM Asli Makassar Keluarkan Pernyataan Mengejutkan

Oleh Abdi Satria pada 05 Jan 2016, 15:45 WIB
Diperbarui 05 Jan 2016, 15:45 WIB
Rasyid Bakri
Rasyid Bakri mengungkapkan ketertarikannya bermain di luar negeri, meninggalkan PSM dan Makassar. (Bola.com/Ahmad Latando)

Bola.com, Makassar - Situasi sepak bola di Tanah Air yang tak kunjung cerah jadi pemicu terkuat keluarnya sejumlah pemain asing yang sebelumnya mencari nafkah di kompetisi Indonesia. Bahkan, pemain lokal pun seolah berlomba keluar dari negara ini dan mencari peruntungan di negara tetangga, di liga Malaysia contohnya.

Pemain yang tertarik mengadu nasib ke Negeri Jiran salah satunya adalah Rasyid Bakri. Meski termasuk pemain yang dipertahankan manajemen PSM Makassar, Rasyid mengaku berminat bermain di luar negeri. "Kalau ada yang menawari, saya siap mencoba," katanya.

Rasyid mengaku terinspirasi kesuksesan rekannya di Piala AFF 2012, Andik Vermansah, yang berkarier di Malaysia Super League bersama Selangor FA.

"Terus terang berat buat saya meninggalkan PSM dan Makassar. Tapi, dengan kondisi sepak bola Indonesia yang tidak jelas sampai sekarang, saya harus mencari alternatif untuk kelanjutan karier di sepak bola," papar gelandang kelahiran 17 Januari 19991 ini.

Pernyataan Rasyid terbilang mengejutkan. Pasalnya, eks skuat Timnas U-23 ini termasuk pemain yang setia berkostum Juku Eja. Sebagai bukti, setiap musim Rasyid selalu menolak tawaran menggiurkan dari klub lain demi membela PSM. Faktor keluarga selalu jadi alasan utama.

"Tapi, sekarang situasi dan kondisinya berbeda. Saya butuh kompetisi untuk menempa kemampuan sekaligus mencari nafkah sebagai pemain profesional," papar Rasyid, yang belakangan menghabiskan waktunya dengan bermain tarkam pada sejumlah turnamen di Makassar dan sekitarnya.

Peluang Rasyid bermain di kompetisi Malaysia terbilang terbuka. Apalagi, saat ini ada dua pelatih yang kini menangani klub Malaysia tahu betul kemampuannya. Keduanya adalah Raja Isa (UiTM) dan Rahmad Darmawan (T-Team). Raja pernah menangani Rasyid di PSM Makassar sedangkan Rahmad di Timnas U-23.