Sukses


Statistik: Mengukur Peran Vladimir Vujovic di Persib

Bola.com, Bandung - Setelah sempat hengkang dan tidak turut serta di ajang Piala Jenderal Sudirman (PJS), Vladimir Vujovic akhirnya memutuskan untuk kembali membela Persib Bandung di awal tahun ini. Keputusan bek asal Montenegro tersebut disambut baik manajemen Maung Bandung.

Vlado, sapaan karib Vladimir Vujovic, melengkapi trio pemain asing yang direkrut Persib untuk 2016. Selain Vlado, Persib juga mendatangkan Aaron Da Silva dan Marko Krasic.

Persib babak belur di Piala Jenderal Sudirman dan ditinggal sejumlah pemain kunci di awal 2016. Kembalinya Vlado tentu jadi angin segar bagi Persib.

Pemain yang berhasil menjuarai ISL 2014 dan Piala Presiden 2015 ini akan memperkokoh tembok pertahanan tim kebanggaan masyarakat Jawa Barat ini.

Peran penting Vlado di Persib dapat ditunjukkan dari angka statistik. Saat membela Persib di ISL 2014, pemain yang pernah membela tim nasional Montenegro ini tidak hanya baik dalam bertahan, tapi juga dalam menyerang. Hal itu ia buktikan dengan torehan 6 golnya.

Selain itu, statistik bertahannya pun juga tergolong baik. Dari 27 kali bermain, Vujovic mencatat total 37 tekel sukses, 97 intersepsi, dan 113 sapuan.

Di Piala Presiden 2015, pemain kelahiran Budva, Yugoslavia, ini mampu mempertahankan performa apiknya. Rapor bertahannya mengungguli bek tengah Persib lainnya, yakni Achmad Jufriyanto dan Abdul Rahman Sulaiman.

Vlado mencatat 6 kali tekel bersih dengan tingkat kesuksesan 40%, unggul atas Jufriyanto (3/28%) dan Abdul Rahman (1/17%). Dari parameter duel udara, angka keberhasilan pemain berusia 33 tahun ini juga yang terbaik (83%).

Selain itu, penampilan jempolan Vlado di lini belakang berhasil menjadikan Persib sebagai tim dengan jumlah clean sheet terbanyak (4).

Kegagalan Persib di Piala Jenderal Sudirman tidak lepas dari absennya Vlado. David Pagbe yang direkrut untuk menggantikan peran Vlado gagal memenuhi ekspektasi para bobotoh. Persib bahkan sampai harus kebobolan 7 gol dari 4 pertandingan.

Di bawah asuhan pelatih anyar Dejan Antonic, Persib Bandung dan Vlado siap menyongsong 2016. Sejauh mana tim Pangeran Biru akan melaju?

Video Populer

Foto Populer