Indra Sjafri Dorong Rudy Eka Kembangkan Sport Science

Oleh Nicklas HanoatubunWiwig Prayugi pada 21 Apr 2016, 17:11 WIB
Diperbarui 21 Apr 2016, 17:11 WIB
Indra Sjafri
Indra Sjafri saat memimpin Bali United beralaga pada Torabika Bahayangkara Cup 2016 di Stadion SI Jalak Harupat, Bandung, (30/3/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Bali United Pusam, Indra Sjafri memberikan dukungan kepada Rudy Eka Priyambada, pelatih muda Indonesia yang kini menangani Celebest FC, klub Divisi Utama yang bermarkas di Palu, Sulawesi Tengah. 

Indra mengakui menjadi rekan diskusi Rudy Eka setelah mantan asisten pelatih Al Najma itu ditunjuk menangani Celebest FC. Celebest FC merupakan klub Villa 2000 yang diakuisisi oleh konsorsium dari Palu. Salah satu pemegang sahamnya adalah gitaris Slank, Abdee Negara.

"Diskusi yang kami kembangkan masih seputar sport science. Kebetulan kami sama-sama konsentrasi ke pembinaan, jadi selalu ada tema menarik ketika berdiskusi," kata Indra.

Sebelum bergabung dengan Al Najma, Rudy Eka juga membantu Indra Sjafri di Timnas U-19 sebagai analis data. Menangani Celebest FC jadi momen perdana Rudy Eka di posisi pelatih kepala sekaligus merangkap manajer tim. 

"Kami sama-sama punya semangat. Saya juga beri dukungan buat Rudy Eka untuk mengembangkan sepak bola di Palu. Itu tantangan yang sangat bagus menurut saya untuk pelatih muda seperti dia," katanya.

Celebest FC mengakui mengadaptasi cara Bali United mengembangkan klub di Pulau Dewata. Hal itu dikatakan Abdee Slank, salah satu pemegang saham yang ditemui bola.com di Istana Merdeka pada pekan lalu. 

Menurut Abdee, Bali United jadi percontohan klub-klub baru, baik hasil merger atau akuisisi utuh (beli putus), untuk membangun kepercayaan publik sekaligus mendirikan tim dengan fondasi ilmu sepak bola.

"Saya melihat Bali United sukses baik dalam bisnis maupun pembinaan pemain. Mereka punya tujuan jangka panjang dan begitu pindah ke Bali dari Samarinda, tak butuh waktu lama untuk eksis di Bali," tutur Abdee.