Ikuti Tes Polisi, Muchlis Hadi dan Maldini Pali Tinggalkan PSM?

Oleh Abdi Satria pada 30 Mei 2016, 21:45 WIB
Diperbarui 30 Mei 2016, 21:45 WIB
Muchlis Hadi
Muchlis Hadi Ning Syaifulloh bersama rekannya, Maldini Pali mengikuti tes masuk Kepolisian Republik Indonesia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Bogor - Usai menahan imbang 1-1 PS TNI di Stadion Pakansari, Minggu (29/5/2016), PSM Makassar tiba di Kota Daeng, Senin (30/5/2016) petang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Hampir semua pemain ikut dalam rombongan. Pasalnya, pelatih sementara PSM, Budiarjo Thalib tetap menggelar latihan di Lapangan Karebosi, Selasa (31/5/2016) sore.

Hanya dua pemain yang tidak terlihat yakni dua eks timnas U-19, Maldini Maldini Pali dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh. Menurut Ramli Manong, media officer PSM, keduanya meminta izin untuk mengikuti tes masuk Kepolisian Republik Indonesia di Jakarta.

"Keduanya meminta izin absen sementara dalam latihan. Manajemen menyetujui dengan alasan demi masa depan mereka," kataRamli kepada bola.com, Senin (31/5/2015) malam.

Peluang Muchlis dan Maldini lolos tes polisi terbilang terbuka. Selain status eks Timnas U-19 yang berprestasi, keduanya sempat betgabung di PS Polri pada Piala Bhayangkara. Pada saat itu, petinggi PS Polri memang memberikan tawaran kepada eks Timnas U-19 untuk masuk jadi anggota polisi lewat jalur prestasi.

Bisa jadi, masuk Polisi bisa jadi pintu buat Muhclis dan Maldini keluar dari PSM. Apalagi, keduanya bisa bergabung di Bhayangkara Surabaya United bila sudah resmi jadi polisi. Kalau terwujud, mereka bisa bereuni dengan rekannya sesama mantan Timnas U-19 di SBU.

Di sisi lain, kesempatan main keduanya di PSM terbilang kecil. Lima pelatih Juku Eja terdahulu, Alfred Riedl, Hans Peter Schaller, Assegaf Razak, Liestiadi, dan Luciano Leandro lebih banyak mendudukkan keduanya di bangku cadangan.

Pada era pelatih sementara PSM, Budiarjo Thalib, keduanya sempat tampil jadi stater saat PSM menjamu Barito Putera di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin pada pekan keempat Torabika Soccer Championship (TSC) 2016.

Penampilan Muchlis Hadi dan Maldini Pali dinilai tidak optimal sehingga Budiarjo menarik keluar keduanya sebelum pertandingan berakhir. Alhasil pada pekan kelima melawan PS TNI, keduanya malah tidak mendapat menit bermain meski masuk dalam daftar susunan pemain PSM.