Sukses


Punya 15 Kolam Ikan, Atep Ingin Sukses Jadi Peternak Ikan

Bola.com, Bandung - Mungkin sudah banyak yang mengetahui bila Atep punya kegiatan selain jadi bermain bola. Ya, Atep punya profesi lain, yakni jadi peternak ikan. Kapten Persib Bandung itu sudah sejak delapan bulan terakhir mengelola tambak ikan, warisan dari almarhum ayahanda, di kota kelahirannya, Cianjur.

"Alhamdulilah, sekarang saya menggeluti usaha tambak ikan meneruskan usaha saya yang wafat delapan bulan lalu. Kebetulan sekarang ada 15 kolam ikan yang saya tangani. Sejak ayah saya meninggal, kolam itu langsung saya kelola," kata Atep kepada bola.com, Kamis (02/6/2016).

Atep tidak salah menekuni usaha ikan itu. Pasalnya, sudah merupakan rahasia umum bila masyarakat Jawa Barat dan Jakarta mempunyai minat tinggi dalam mengkonsumsi ikan. Jadi, untuk pemasarannya pun, Atep tidak mengalami kesulitan.

Namun, yang jelas menurut Atep, dalam merawat ikan-ikan itu dari bibit hingga siap panen membutuhkan perhatian khusus. Jika tidak, ikan-ikan itu rentan terserang virus.

"Ikan-ikan yang saya ternak hanya dua jenis, ikan Nila sama ikan mas. Bisa dibilang saya ini masih dalam tahap belajar menekuni usaha ikan yang ditinggalkan ayah saya. Hingga saat ini masih dalam tahap suka, semoga langgeng, selamanya saya bisa menggeluti usaha ini," ujarnya.

"Biasanya kendalanya usaha budidaya ikan ini terkena virus dan ikan dipastikan mati kalau sudah terserang. Mudah-mudahan itu tidak terjadi. Usaha ini bisa menjadi tumpuan karena sekarang mulai terlihat hasilnya," kata Atep.

Di sisi lain, Atep jadi satu dari sekian pemain Persib yang memiliki usaha sampingan selain jadi pemain bola. Pemain Maung Bandung lain, semisal Tony Sucipto, Tantan, serta I Made Wirawan, punya usaha rumah makan dan toko olahraga.

Bahkan Atep tidak hanya jadi juragan tambak ikan di Cianjur karena gelandang bernomor punggung 7 itu juga punya Sekolah Sepak Bola (SSB) yang diberi nama SSB Atep 7. Ia punya usaha dengan menyewakan lapangan futsal. 

 

Video Populer

Foto Populer