Sukses


NTT Kick-Off, Liga Nusantara 2016 Menggeliat Lagi

Bola.com, Jakarta - Setelah terhenti beberapa saat lamanya, Liga Nusantara yang jadi ajang pertarungan klub-klub amatir di Indonesia kembali begulir. Pada Senin (11/7/2016), Nusa Tenggara Timur (NTT) jadi provinsi pertama di wilayah timur yang secara resmi menggulirkan Liga Nusantara di wilayahnya.

Sebelumnya, pada Mei 2016, Jawa Tengah yang masuk wilayah barat sudah memutar Liga Nusantara. Pada 17 Juli nanti, leg pertama babak delapan besar akan digulirkan dilanjutkan dengan leg kedua mulai 24 Juli 2016.

[PT Gelora Trisula Semesta (GTS)](2539583 "PT Gelora Trisula Semesta (GTS)") dalam keterangannya menuturkan 34 provinsi di Tanah Air seluruhnya siap menggelar Liga Nusantara tahun ini. Ke-34 provinsi itu dibagi dalam wilayah, yakni tiga wilayah, barat, tengah, dan timur.

PT GTS tidak sendirian memutar Liga Nusantara, yang jadi kasta terendah di kompetisi sepak bola nasional, karena ada pula Asprov PSSI yang turut bekerja, khususnya saat Liga Nusantara masih bergulir di tahap provinsi.

Nantinya juara dari setiap provinsi ini akan diadu di putaran nasional, yang dijadwalkan bergulir mulai November 2016. Itulah mengapa PT GTS dalam arahannya beberapa waktu lalu agar Asprov sudah bisa tuntas menggelar fase di tingkat provinsi pada September 2016.

Bila mengacu pada kondisi normal sepak bola nasional, semestinya juara Liga Nusantara tingkat nasional berhak tampil di kompetisi Divisi Utama musim selanjutnya. Pada akhir musim 2014 misalnya, total delapan klub berhak promosi ke Divisi Utama 2015.

Hanya, sama seperti turnamen yang digelar PT GTS lainnya, belum ada lagi kejelasan status kendati Menpora Imam Nahrawi sudah mencabut sanksi administratif yang diikuti pencabutan sanksi pembekuan FIFA.

Liga Nusantara merupakan turnamen ketiga yang digulirkan PT GTS setelag Torabika Soccer Championship (TSC) 2016  presented by IM3 Ooredoo dan ISC B (kasta kedua). PT GTS juga berencana menggulirkan ISC U-21 2016 pada 30 Juli 2016 dan ISC Soeratin U-17 2016 pada September-Oktober 2016.

Di sisi lain, kendati berstatus amatir, duel di kasta terendah ini tak bisa dipandang remeh lantaran setiap klub tetap berupaya tampil semaksimal mungkin. Persiwar Waropen yang berada di Papua, termasuk jadi salah satu yang serius membidik prestasi di Liga Nusantara 2016.

"Target Persiwar jelas. Mereka serius membangun tim yang didukung penuh Bupati Waropen. Meski tak ada kontrak, gaji yang diberikan cukup untuk keluarga," kata Eduard Ivakdalam, legenda Persipura yang menerima tawaran bergabung dengan Persiwar tampil di Liga Nusantara 2016.

 

 

 

 

Video Populer

Foto Populer