Sukses


Timnas Indonesia U-19 2 Kali Uji Coba Internasional di Sleman

Bola.com, Sleman - Timnas Indonesia U-19 yang diproyeksikan berlaga di Piala AFF 2016 berencana melakukan dua laga uji coba internasional. Timnas junior Filipina dan Singapura jadi calon lawan dalam duel yang rencananya berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Ketua panpel PSS Sleman, Ediyanto mengaku telah dihubungi pihak PSSI terkait rencana penggunaan Stadion Maguwoharjo. Meski demikian, dirinya belum tahu pasti apakah untuk sekadar latihan atau uji coba.

''Saya sudah diajak komunikasi dan PSSI akan menggunakan Stadion Maguwoharjo 9-10 Agustus dan 16-17 Agustus. Status sementara lapangan masih untuk latihan saja. Namun, amat mungkin kalau nanti berubah jadi tempat pertandingan uji coba. Selama ini pun seperti itu,'' kata Ediyanto kepada Bola.com, Senin (1/8/2016).

Melihat tanggal pemesanan itu, bisa jadi sebagai waktu uji coba. Estimasinya, tanggal 9 Agustus untuk uji coba lapangan sebelum dilanjutkan pertandingan esok harinya. Begitu juga antara 16 dan 17 Agustus.

Meski belum mendapat informasi resmi soal uji coba, Ediyanto memastikan panpel PSS Sleman siap sewaktu-waktu. Setelah menerima surat resmi dari PSSI, pihaknya segera bergegas mengurus perizinan sekaligus berkoordinasi dengan pihak keamanan.

''Karena itu laga internasional, kami akan mempersiapkan lebih awal. Karena secara persiapan harus benar-benar matang termasuk persyaratan yang dilengkapi untuk mendapatkan izin dari pihak kepolisian. Kalau soal persiapan panpel saya rasa sudah tidak ada masalah,'' tuturnya.

Soal pemilihan Sleman sebagai lokasi dua uji internasional sudah sisampaikan pelatih Tim Garuda Muda, Eduard Tjong, belum lama ini.

Sebelum beruji coba dengan dua negara tetangga di regional Asia Tenggara itu, Timnas Indonesia U-19 terlebih dulu menggelar latih-tanding dengan dua tim lokal pada 5 dan 7 Agustus 2016. Uji coba ini dimainkan di Lapangan POR Sawangan, Depok.

"Untuk dua uji coba lokal yang sudah pasti, melawan PPLM dan tim PON DKI. Uji coba melawan PPLM pada 5 Agustus dan menghadapi tim PON DKI pada 7 Agustus," ucap Edu.

Saat ini, sebanyak 34 pemain masih menjalani seleksi di Lapangan POR Sawangan, Depok. Nantinya, Eduard Tjong akan menyodorkan 23 pemain yang akan dibawa ke Hanoi untuk didaftarkan PSSI sesuai ketentuan.

Uji coba penting dilakukan Timnas Indonesia U-19 untuk mengukur tingkat pola permainan yang telah dirancang sekaligus menempa mental pemain sebelum berlaga dalam persaingan keras di perhelatan turnamen internasional nanti.

Video Populer

Foto Populer