Sukses


Slamet Nurcahyo Ungkap Cara MU Jadikan Pemain Gaek Tetap Garang

Bola.com, Bangkalan - Slamet Nurcahyo merupakan salah satu pemain yang punya andil besar terhadap sukses Madura United sejauh ini. Betapa tidak, eks pemain Bhayangkara SU itu selalu tampil apik di banyak laga yang dijalani Laskar Sape Kerrab. Hingga pekan ke-13, Madura United kukuh di puncak klasemen Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. 

Slamet membuktikan bahwa umur bukan penghalang. Betapa tidak, di usianya yang sudah kepala tiga (33 tahun), Slamet tetap energik, lincah dan cepat. Pemain lawan pun kerap dibuat kewalahan menghadang laju pemain yang satu ini. Wajar jika rekan sekaligus lawan pun dibuatnya segan.

Tak sedikit orang dibuat kagum dengan performa apiknya. Pemain asal Jember itu seakan tak menemui kesulitan selama membela Madura United. 

Kepada Bola.com, Slamet pun menyebutkan beberapa rahasia di balik aksi-aksinya yang menawan. Ia juga membeberkan apa saja kiat yang ia lakukan agar selalu tampil apik.

Apa yang membuat Anda masih tampil energik di usia yang sudah kepala tiga?

Di Madura United semua pemain memiliki kualitas hampir sama. Jadi semua pemain, termasuk saya, berlomba-lomba untuk bermain sebaik mungkin pada setiap kesempatan. Hal itu memang diberlakukan oleh tim pelatih, jadi karena persaingan sehat, pemain senior dan junior dianggap sama.

Seketat apa persaingan antarpemain di Madura United di bawah arahan Gomes de Oliveira?

Persaingan untuk mendapatkan tempat reguler sangat ketat. Karena di tim ini tidak ada pemain yang malas, semua pemain mau bekerja keras. Jadi kalau tidak optimal, siap-siap saja diparkir.

Slamet Nurcahyo, masih lincah pada usia 33 tahun. (Bola.com/Fahrizal Arnas)

Selain itu faktor apa lagi yang membuat Anda begitu energik?

Kondisi fisik saya selalu bugar, karena kami rutin berlatih di pusat kebugaran, atau sekadar berenang untuk relaksasi. Kebiasaan itu kini jadi sebuah kewajiban saat di Madura United. Semua pemain melakukannya.

Ini juga tak lepas dari program latihan yang disusun pelatih. Kami ditangani orang-orang yang tepat, didukung manajemen yang hebat. Sehingga permainan saya dan teman-teman selalu berada di level terbaik.

Adakah pengaruh dari gaya berlatih yang diterapkan Gomes?

Pasti. Pelatih kepala punya andil besar dalam membentuk karakter pemain karena bila sudah masuk tim, semua pemain akan mengikuti sistem. Pelatih senang dengan pemain yang pekerja keras dan punya kecepatan dan hal itu membutuhkan ketangguhan fisik. Itu jadi ciri khas Madura United.

2 dari 2 halaman

Pasang surut Madura United

Madura United termasuk pendatang baru di Madura. Menurut Anda bagaimana dengan dukungan suporter?

Suporter menjadi pemain ke-12. Mereka membuat saya dan teman-teman selalu mengusung motivasi lebih di setiap pertandingan. Tanpa mereka, kami tak akan punya semangat besar di setiap pertandingan. Kehadiran mereka lebih terasa ketika berhadapan dengan tim-tim besar.

Bagaimana Anda melihat pemain lain di tim ini?

Mereka adalah pemain-pemain hebat. Saya bisa tampil maksimal di banyak pertandingan bersama Madura United karena ada mereka. Kami saling menutupi kelemahan satu sama lain. Sehingga saya terlihat bagus karena kelemahan saya mereka tutupi. Begitu juga sebaliknya.

Slamet Nurcahyo (maduraunitedfc.com)

Adakah momen yang paling menyedihkan dan menyenangkan selama di Madura United?

Ada, saat kami kalah 0-5 dari Sriwijaya FC. Kami semua terpukul, sangat sedih. Karena tak menyangka bakal kalah setelak itu.
Sebelum dan setelah itu menyenangkan bagi saya dan semua pemain di sini.

Dengan capaian MU saat ini, prediksi Anda tim ini akan mengakhiri musim di peringkat berapa?

Masih sulit bagi saya memprediksi posisi kami di akhir musim TSC. Selain masih akan terjadi perubahan di putaran kedua karena banyak tim sudah berbenah. Tapi selama kami bermain stabil seperti ini, saya yakin bisa menjadi yang terbaik.

Video Populer

Foto Populer