PSM Ajukan Tuan Rumah KLB, Erwin Aksa Maju Jadi Calon Ketum PSSI?

Oleh Abdi Satria pada 04 Agu 2016, 15:00 WIB
Diperbarui 04 Agu 2016, 15:00 WIB
KLB PSSI

Bola.com, Makassar - PSM Makassar siap jadi tuan rumah KLB pemilihan ketua umum PSSI yang rencananya digelar 17 Oktober mendatang. Hal itu ditegaskan Sumirlan, Direktur PSM, Kamis (4/8/2016) siang.

Menurut Direktur Komersial Semen Bosowa ini, dari segi geografis, Makassar pantas jadi lokasi konggres. Apalagi Kota Daeng kerap jadi tempat penyelenggaraan pertemuan baik skala nasional maupun internasional.  

"Akomodasi dan transportasi di Makassar terbilang lengkap," ujar Sumirlan.

Menurut Sumirlan, alasan utama PSM mengajukan diri sebagai tuan rumah, karena Juku Eja ingin konggres PSSI mendatang jadi titik awal kebangkitan sepak bola Indonesia setelah bebas dari sanksi FIFA.

"Kami berharap setelah ketua umum PSSI baru terpilih di Makassar, sepak bola Indonesia bisa lebih baik," papar mantan kapten PSM ini.

Sebelumnya, pada 2007, Makassar pernah jadi tempat penyelenggaran musyawarah nasional (Munas) PSSI yang mengantar Nurdin Halid sebagai ketua umum PSSI terpilih untuk periode 2007-2012.

Saat itu, Munas yang berlangsung di Hotel Grand Clarion dihadiri oleh 4000 peserta. Sebanyak 750 di antaranya adalah pemilik suara yang terdiri dari wakil dari pengurus klub, Pengprov PSSI dan perserikatan kabupaten/kota dari 33 provinsi.

Rumor yang beredar, pada konggres nanti, CEO Bosowa Corporation, Erwin Aksa masuk dalam bursa calon ketua umum PSSI. Erwin adalah manajer PSM di Liga Indonesia 2003-2004.

Keponakan Wapres Jusuf Kalla ini juga penah jadi ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 2008-2011. Erwin juga kakak kandung, Sadikin Aksa, pemilik saham mayoritas di PSM.