Ini Penyebab Novri Setiawan Batal Ikuti Seleksi Timnas

Oleh Gerry Anugrah Putra pada 15 Agu 2016, 15:15 WIB
Diperbarui 15 Agu 2016, 15:15 WIB
Novri Setiawan
Novri Setiawan mengalami cedera lutut dan absen pada seleksi Timnas Indonesia gelombang kedua. (Bola.com/Gerry Anugrah Putra)

Bola.com, Jakarta - Penyerang sayap Persija Jakarta, Novri Setiawan, mengaku kecewa tidak bisa mengikuti seleksi timnas Indonesia gelombang kedua. Alumni tim SAD Indonesia dikabarkan menderita cedera lutut. Namun, Novri ikut berlatih bersama Persija, Senin (15/8/2016) di Lapangan Yon Zikon 14, Jakarta Selatan.

Novri sebenarnya siap untuk mengikuti seleksi. Akan tetapi, batal akibat Persija menyatakan dirinya menderita cedera. Cedera Novri didapat saat Persija melawan Bhayangkara Surabaya United, pada pekan ke-13 TSC. Pemain berdarah Minang itu merasa ada miskomunikasi antara dirinya, Persija, dan PSSI. 

“Saya kecewa. Apalagi tidak ada yang memberitahukan saya lebih dahulu” ujar Novri selepas latihan di Lapangan Yon Zikon 14, Srengseng, Jakarta. 

Menurutnya, tidak ada komunikasi terlebih dahulu terkait dengan kondisi cedera yang dialamnya. Novri juga mengatakan dia siap untuk mengikuti seleksi timnas, tapi PSSI sudah telanur melampirkan pemain pengganti Novri. 

“Harusnya sebelum klub mengirim surat ke PSSI, komunikasikan dulu ke saya. Ada surat yang datang ke PSSI perihal cedera. Tentu kecewa karena saya sebetulnya bisa seleksi. Lain soal jika saya memang tidak dipanggil timnas,” lanjut Novri.

Akan tetapi, Novri mengambil positif kasusnya ini. Pemain bernomor punggung 32 itu kini fokus untuk Persija yang akan menghadapi PSM Makassar, Minggu (21/8/2016) di Stadion Manahan, Solo.

“Saya sudah hubungi PSSI. Saat ini saya fokus untuk pertandingan Persija dan Insya Allah nanti dipantau lagi oleh tim pelatih timnas,” tandas Novri.

Dihubungi terpisah, Media Officer Persija Moses Sosa, mengatakan, klub ingin melindungi Novri dari kondisi yang tidak diinginkan. Namun, Persija juga tidak ingin menghalangi pemainnya membela timnas. Menurut pria alumni Universitas Indonesia itu, baik manajemen dan dokter tim sudah berkomunikasi dengan Novri terkait dengan cederanya pada minggu lalu.

“Intinya, tim medis melihat cedera Novri masih belum pulih 100 persen. Jadi mungkin itu pertimbangan klub,” ujar Moses.

Di lain pihak, dokter tim Persija, Nanang Tri Wahyudi, mengaku tidak mengetahui perihal surat yang dikirimkan klub untuk PSSI. “Kalau untuk urusan adminstrasi itu, bukan ke saya. Saya hanya bertugas menjaga kondisi pemain dan tidak berkaitan dengan PSSI,” ujar dr Nanang.

Posisi Novri Setiawan di seleksi timnas gelombang kedua ini pun digantikan oleh Rahmat Syamsudin dari PSM. Seleksi gelombang kedua ini akan dilaksanakan pada 16-17 Agustus di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.