Nasib 47 Pemain Seleksi Timnas Ditentukan Pekan Ini

Oleh Wiwig Prayugi pada 16 Agu 2016, 15:08 WIB
Diperbarui 16 Agu 2016, 15:08 WIB
Timnas Indonesia

Bola.com, Bogor - Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl akan menggelar rapat untuk menentukan pemain yang lolos seleksi pada Kamis dan Jumat (18-19 Agustus). Rencananya, setelah itu, skuat akan diumumkan untuk menjalani pemusatan latihan lanjutan.

Akan tetapi, Alfred Riedl mengakui kesulitan dalam menentukan skuat karena ada pembatasan maksimal dua pemain saja yang dilepas oleh klub. "Kamis dan Jumat kami akan menggelar rapat dan segera menentukan siapa yang lolos," katanya.

Dengan adanya pembatasan pemain, tim pelatih harus bekerja lebih keras. Pasalnya, dalam seleksi dua gelombang, ada satu klub yang pemainnya dipanggil lebih dari tiga. Seperti Arema Cronus (Ryuji Utomo, Ahmad Alfarizi, Kurnia Meiga, Syaiful Indra), Persib Bandung (I Made Wirawan, Kim Jeffrey Kurniawan, Zulham Zamrun, Rahmat Hidayat), dan Bhayangkara Surabaya United (Evan Dimas, Hargianto, Indra Kahfi, Zulfiandi, Putu Gede Juni Antara).

"Kami harus mematuhi kesepakatan dengan keterbatasan pemain, dalam situasi itu kami harus memutuskan siapa yang layak dipanggil lagi," imbuhnya.

Pemain yang akan dipanggil kemungkinan 25-26 orang yang disiapkan untuk laga uji coba melawan Malaysia di Stadion Manahan, 6 September mendatang. Meski skuat segera diumumkan, Alfred Riedl tetap membuka kesempatan bagi pemain yang tak terpantau sebelumnya atau yang absen pada seleksi akibat cedera dan berhalangan.

Hingga seleksi gelombang kedua, ada lima pemain yang absen, yakni Andik Vermansah karena tak dilepas Selangor FA, lalu Samsul Arif, Syahrizal, Novri Setiawan, dan Hendro Siswanto yang mengalami cedera. Tim pelatih juga masih memantau perkembangan Boaz Solossa yang mengalami cedera saat seleksi gelombang pertama.

"Pemain yang cedera dan pemain yang belum terpantau tetap kami lihat lewat penampilan mereka di klub," katanya.

Seleksi gelombang kedua berakhir pada Rabu (17/8/2016) di Stadion Pakansari. Setelah menentukan pemain, tim pelatih bersiap menuju uji coba kontra Malaysia. Setelah itu pemain mengikuti pelatnas akhir selama enam pekan yang rencananya digelar di Lapangan Sekolah Pelita Harapan.

Indonesia akan bertanding pada babak penyisihan Grup A Piala AFF 2016 di Filipina melawan Thailand, tuan rumah, dan Singapura.