Yanto Basna Membidik Posisi Permanen di Skuat Timnas AFF 2016

Oleh Gerry Anugrah Putra pada 16 Agu 2016, 20:00 WIB
Diperbarui 16 Agu 2016, 20:00 WIB
Rudolf Yanto Basna

Bola.com, Bogor - Pemain Persib Bandung, Yanto Basna, mengaku dirinya sangat antusias mengikuti seleksi timnas Indonesia gelombang kedua, di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (16/8/2016). Ini merupakan pengalaman perdananya mengikuti seleksi utuk Indonesia.

Bagi pemain kelahiran Sorong 21 tahun silam itu, mengikuti seleksi timnas senior merupakan pengalamannya yang pertama. Basna mengatakan bahwa dirinya menikmati pemanggilan dirinya, sekaligus mempersiapkan fisik dan stamina dengan baik selama mengikuti seleksi.

“Banyak pemain muda, jadi ini bagus buat regenerasi tim. Saya juga siap bersaing dengan pemain lain, karena seleksi timnas ini sangat penting baik untuk pengalaman saya,” ujar Yanto Basna selepas latihan timnas pada Selasa (16/8/2016). 

Basna juga menyoroti bagaimana mepetnya waktu persiapan Timnas Indonesia menyongsong Piala AFF 2016. Mantan pemain Mitra Kukar itu mengaku dirinya harus segera bisa beradaptasi dengan pemain lain. Basna pun berpendapat singkatnya waktu seleksi memang tidak ideal, tapi dirinya sudah mempersiapkan diri setelah tahu namanya masuk dalam daftar pemain seleksi yang diumumkan PSSI.

“Saya mempersiapkan diri dari jauh hari. Mepetnya persiapan timnas membuat saya tak banyak waktu menyatu dengan pemain lain yang ada di tim. Terlepas dari keterbatasan tersebut saya harus siap dengan kondisi yang serba pendek ini,” lanjutnya.

Performa mengkilap Yanto Basna bersama Persib Bandung di sepanjang ajang Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo memikat hati Alfred Ridel. Berduet dengan pemain asing Vladimir Vujovic, sang pemain walau masih berusia belia dan pendatang baru di Tim Maung Bandung terlihat bisa menjaga konsistensi penampilan. Unggul dalam memblok dan membaca permainan cukup membuat Alfred Riedl tertarik melihat kemampuannya secara langsung.

Pemain Terbaik di Piala Jenderal Sudirman tersebut juga terhitung pemain serbabisa. Ia bisa bermain di posisi stoper serta bek sayap sama bagusnya.

Yanto Basna dan 22 pemain lain akan bersaing untuk memperebutkan posisi untuk lolos ke timnas senior yang akan melakukan pemusatan latihan pda Oktober nanti. Nantinya akan ada sekitar 25-26 pemain yang akan lanjut mengikuti persiapan untuk Piala AFF 2016 yang digelar mulai 18 November.