Ladeni Malaysia, Riedl Tak Pakai Pemain di Luar Seleksi Timnas

Oleh Juprianto Alexander Sianipar pada 17 Agu 2016, 18:01 WIB
Diperbarui 17 Agu 2016, 18:01 WIB
Timnas Indonesia
Muhammad Hargianto dan Irsyad Maulana berpeluang masuk skuat Timnas Indonesia untuk menghadapi Malaysia di Stadion Manahan, Solo, 6 September 2016. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Bola.com, Cibinong - Tim nasional (Timnas) Indonesia akan menghadapi Malaysia dalam laga uji coba di Stadion Manahan, Solo, 6 September 2016. Menghadapi laga uji coba itu, pelatih Alfred Riedl memastikan tak akan memanggil pemain di luar daftar 47 pemain seleksi Timnas Indonesia.

Pelatih asal Austria itu hanya akan memanggil 25 pemain yang terpilih dari seleksi tahap pertama dan kedua Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2016. Seleksi pemain dalam dua tahapan itu baru saja rampung pada Rabu (17/8/2016).

“Kami hanya berikan kesempatan kepada Irfan (Bachdim) dan Andik (Vermansah) saja untuk pemain yang bermain di luar negeri,” kata Riedl di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Pernyataan dari Riedl itu membuat asa pemain naturalisasi, Victor Igbonefo dan para pemain lainnya untuk masuk skuat Timnas Indonesia sementara tertutup . Meski begitu, pelatih asal Austria tak menutup pintu bagi pemain lain untuk bergabung pasca uji coba melawan Malaysia.

“Jika mereka bermain bagus (pemain yang tidak ikut seleksi), bisa saja. Namun, sekarang pemain yang di luar tidak bisa ikut karena ada kompetisi. Namun, kita semua tidak pernah tahu masa depan,” ia menuturkan.

Menurut asisten pelatih Riedl, Wolfgang Pikal, peluang pemain di luar seleksi bersaing masuk skuat Piala AFF 2016 masih terbuka. Hanya saja, para pemain baru itu bakal dilihat kemampuannya oleh Riedl saat pemusatan latihan pada Oktober atau November.

“Kalau memang ada (pemain baru), mereka baru bisa ikut pada bulan tersebut. Untuk bulan September kami hanya akan melihat kemampuan pemain yang lolos dari seleksi kali ini,” ia menuturkan.

Terakhir, Riedl kembali menekankan pentingnya laga uji coba tandang untuk Timnas Indonesia. Maklum, anak asuhnya akan bermain menghadapi tiga lawan di Grup A, yakni Thailand, Filipina, dan Singapura, di luar kandang.

“Saat ini kami sudah mendengar ada dua uji coba tandang dan kandang melawan Vietnam. Laga uji coba akan lebih baik jika tandang karena kami akan bermain di Filipina,” ia menuturkan.