Liga Nusantara: Perseka Ingin Lolos, MU Fokus Bina Pemain Muda

Oleh Abdi Satria pada 17 Agu 2016, 20:00 WIB
Diperbarui 17 Agu 2016, 20:00 WIB
Liga Nusantara 2016

Bola.com, Makassar - Dua klub Makassar, Perseka Bosowa dan Makassar United mematok target berbeda pada perhelatan Liga Nusantara 2016. Perseka mematok target lolos dari zona Sulawesi Selatan sedangkan MU ingin mematangkan skuat mereka untuk persiapan musim depan.

"Perseka tak ingin sekadar numpang lewat. Minimal, kami lolos dari zona Sulawesi Selatan," ujar Andi Abdullah, manajer Perseka kepada bola.com, Rabu (17/8/2016).

Andi Abdullah merujuk kesiapan timnya yang sudah menggelar seleksi dan uji coba sejak bulan lalu. Perseka yang dibesut trio mantan PSM, Herman Rante, Faisal Maricar, dan Syafri Majid menggaet mayoritas eks Juku Eja U-21. Perseka juga lebih percaya diri setelah menekuk klub Divisi Utama, Persigubin Gunung Bintang 1-0 pada uji coba bulan lalu.

Di zona Sulsel, Perseka berada di Grup C bersama Persiban Bantaeng, Gasiba Bulukumba, dan Perssin Sinjai. Klub terakhir adalah eks klub Divisi Utama pada 2013. Hanya dua tim yang berhak lolos ke 6 Besar bersama wakil Grup A dan B.

Laga perdana zona Sulsel mempertemukan Perseka menghadapi Persiban di Lapangan Karebosi, Sabtu (20/8/2016). "Sebenarnya kekuatan tim di Grup C terbilang merata. Kami mengandalkan pengalaman pemain dan faktor tuan rumah," ungkap Faisal Maricar, eks stopper yang membawa PSM juara Piala Perserikatan 1992.

Di lain pihak, Makassar United menjadikan Liga Nusantara 2016 sebagai ajang persiapan menghadapi musim depan. Apalagi, musim ini tak ada promosi bagi tim juara. "Tahun ini, kami menurunkan mayoritas pemain muda," tegas Ryan Latif, pemilik Makassar United.

Sebelumnya, kiprah MU pada empat tahun terakhir terbilang lumayan. Mereka kerap jadi lawan latih tanding timnas U-23. Pemain seperti Rasyid Bakri, Ahmad Hisyam Tolle (PSM), Aditya Putra Dewa (Persepam) dan Kurniawan Karman (Persiba Balikpapan) pernah membela Makassar United.

Pada Celebes Cup 2012 di Bandung, MU bertengger di peringkat ketiga setelah mengalahkan Barito Putera 2-1. Sementara, trofi Celebes Cup diraih Persib yang mengalahkan Sriwijaya. Di tahun sama, Makassar United mengikuti turnamen Piala Gubernur Aceh yang dikuti klub dari Malaysia dan Brunei Darussalam.

Meski tidak mematok target muluk, Ryan mengungkapkan, skuatnya tetap tampil serius. "Kami berharap tampil tanpa beban membuat pemain tampil lepas," katanya.

Di ajang Liga Nusantara, Makassar United tergabung di Grup A bersama Persigowa, Persipangkep dan Persim Maros selaku tuan rumah.

Peserta Liga Nusantara Zona Sulsel
Grup A: Persim Maros, Persipangkep Pangkep, Persigowa Gowa dan Makassar United.
Grup B: Persipinrang Pinrang, Persipare Parepare, Gasma Enrekang dan Palopo Raya
Grup C: Perseka Bosowa, Persiban Bantaeng, Gasiba Bulukumba dan Perssin Sinjai
Penyisihan Grup: 20-28 Agustus
Enam Besar: 9-11 September
Semifinal: 22-23 September
Final: 25 September