Skuat Sementara Timnas Indonesia Diumumkan Minggu Depan

Oleh Gerry Anugrah Putra pada 20 Agu 2016, 11:30 WIB
Diperbarui 20 Agu 2016, 11:30 WIB
Alfred Riedl

Bola.com, Jakarta - Setelah menggelar seleksi dalam dua gelombang, para pemain yang terpilih dari seleksi itu kemungkinan baru diketahui publik pada pekan depan. Para pemain yang terpilih itu nantinya akan berstatus skuat sementara Timnas Indonesia proyeksi Piala AFF 2016. Hal itu disampaikan asisten pelatih Timnas Indonesia, Wolfgang Pikal.

Pikal mengungkapkan saat ini tim pelatih Timnas Indonesia di bawah pimpinan pelatih kepala Alfred Riedl masih menimbang-nimbang dengan kuota dua pemain per klub sesuai kesepakatan. Seperti diketahui, di saat turnamen berjalan, klub hanya bersedia melepas dua pemain ke timnas.

Pikal menambahkan sejauh ini tim pelatih tidak menemui masalah dengan kuota hanya dua pemain dari setiap klub. Bahkan kebijakan ini diakuinya membuat tim pelatih Timnas Indonesia lebih selektif dalam memilih setiap pemain.

"Awalnya cukup sulit, tapi kini kami tidak punya masalah untuk memilih dua pemain dari setiap klub. Kami harus mematuhi kesepakatan dengan keterbatasan pemain, dalam situasi itu kami harus memutuskan siapa yang layak dipanggil lagi," lanjut Pikal.

Skuat yang terpilih nantinya akan langsung dikumpulkan untuk persiapan uji coba melawan Malaysia. Uji coba ini dimainkan 6 September 2016 di Stadion Manahan, Solo. Menghadapi laga uji coba pertama timnas senior pasca sanksi pembekuan dicabut ini, pelatih Alfred Riedl memastikan tidak akan memanggil pemain di luar daftar 47 pemain yang menjalani seleksi gelombang pertama dan kedua medio Agustus ini.

Di sisi lain, Alfred tampaknya akan memberikan kesempatan kepada dua pemain yang berkiprah di luar negeri, yakni Irfan Bachdim dan Andik Vermansah. Khusus untuk Andik, gelandang lincah itu dipanggil tanpa mengikuti seleksi karena Selangor FA sedang membutuhkan tenaga mantan pemain Persebaya itu.

Meski begitu, Alfred memastikan tidak menutup pintu bagi pemain lain, yang dalam perjalanannya ternyata mampu memikat pelatih asal Austria itu, untuk bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia setelah uji coba melawan Malaysia.