Sukses


Kondisi Timnas Indonesia Sekarang Mirip Era Piala AFF 2010

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl memanggil banyak pemain muda menghadapi Malaysia untuk uji coba di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016). Dari 22 pemain yang dipanggil, hanya Boaz Solossa, Dian Agus Prasetyo, dan Irfan Bachdim yang terhitung pemain senior.

Di luar itu, juru racik formasi asal Austria memanggil personel jebolan Timnas U-19 era Indra Sjafri seperti Septian David Maulana, Hansamu Yama Pranata, Rudolof Yanto Basna, Evan Dimas Darmono, Ichsan Kurniawan, hingga Adam Alis dan Lerby Eliandry yang pernah memperkuat Timnas U-23.

Selain itu, Riedl juga berani membawa muka-muka baru yang belum pernah berkostum Timnas seperti kapten Bhayangkara Surabaya United (BSU), Indra Kahfi dan bek kiri Persiba Balikpapan, Abdul Rahman. Kondisi itu diakui Riedl mirip saat Piala AFF di Indonesia tahun 2010.

 

''Kondisi 2010 dan sekarang memang mirip karena dulu setengah dari tim juga diisi pemain yang benar-benar baru di Timnas Senior,'' kata Alfred.

Alfred memang mengandalkan sejumlah pemain muda atau debutan saat Timnas Indonesia menempati posisi runner-up di Piala AFF 2010 . Sebut saja Irfan Bachdim, Oktavianus Maniani, Ahmad Bustomi, Yongky Aribowo, Johan Juansyah, Tony Sucipto, hingga Benny Wahyudi. Mereka berkolaborasi dengan pemain syarat pengalaman seperti Firman Utina, Hamka Hamzah, Maman Abdurrahman, Bambang Pamungkas, dan penyerang naturalisasi Cristian Gonzales.

Permainan cepat umpan-umpan pendek yang dipadukan dengan bola-bola panjang mengundang decak kagum dari pencinta sepak bola di Tanah Air. Meski harus tumbang dari tangan Malaysia di partai puncak, namun performa Timnas Indonesia saat itu tetap menuai pujian.

''Kalau Piala AFF 2014 kondisinya beda karena kompetisi baru saja selesai dan langsung bertanding di turnamen besar. Istilahnya tangki pemain sudah habis,'' ujar Alfred.

Dengan kondii serupa seperti enam tahun silam, ada harapan Timnas Indonesia mengulangi penampilan apik seperti Piala AFF 2010. Alfred berharap prestasi tersebut bisa terulang bahkan menjadi juara.

''Pemain kami saat ini cukup potensial, namun masih perlu diuji di laga internasional,'' ia menuturkan.

 

Video Populer

Foto Populer