Sukses


Penyegaran Timnas Indonesia ala Alfred Riedl Banjir Pujian

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan diperkuat 22 pemain saat beruji coba dengan Malaysia di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016). Dari 22 pemain yang dipanggil pelatih Alfred Riedl, ada sembilan pemain dalam skuat Tim Merah Putih yang masih berusia di bawah 23 tahun. 

Mereka adalah Evan Dimas Darmono, Irsyad Maulana, Septian David, Teguh Amiruddin, Rudolof Yanto Basna, Abduh Lestaluhu, Hansamu Yama Pranata, Ichsan Kurniawan, dan Adam Alis. Deretan pemain tersebut merupakan jebolan Timnas U-19 dan Timnas U-23.

Keputusan Riedl itu mendapatkan apresiasi positif dari mantan striker Timnas Indonesia, Bambang Nurdiansyah. Banur, sapaan akrab Bambang, menilai pemilihan pemain muda sangat bagus untuk masa depan sepak bola Indonesia.

“Saya sangat setuju dengan pemain pilihan Riedl untuk melawan Malaysia. Semua harusnya mendukung hal itu karena baik bagi masa depan tim nasional,” kata Banur yang dikontak Bola.com pada Senin (5/9/2016).

Bagi mantan pelatih Persija Jakarta, keputusan yang diambil Riedl menjadi langkah maju bagi sepak bola Indonesia ketimbang terus memanggil pemain naturalisasi. 

Maklum, sejak tahun 2010 selalu ada pemain naturalisasi yang menghiasi Tim Merah Putih. Mulai dari Cristian Gonzales, Greg Nwokolo, Victor Igbonefo, hingga Raphael Maitimo bergantian masuk Timnas Indonesia. 

“Naturalisasi pemain boleh saja dilakukan agar calon pemain masa depan Timnas punya idola. Namun, jika di Timnas berisikan banyak pemain naturalisasi hal ini menunjukan pada dunia kalau pembinaan kita gagal,” ucap mantan pemain Timnas Indonesia era 1980-an.

Di sisi lain, Banur mengkritik keputusan mayoritas klub peserta Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo yang hanya melepas dua pemain ke Timnas. Menurut Banur, tidak sepatutnya ada pembatasan pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia.

“Saya kecewa dengan ketentuan maksimal dua pemain dari tiap tim. Selama masih warga negara Indonesia dan punya kemampuan yang baik seharusnya boleh memperkuat Timnas,” ucapnya.

Dari 22 pemain yang dipanggil, praktis hanya Mitra Kukar yang melepas 3 pemainnya untuk memperkuat Timnas Indonesia. Di luar itu, klub peserta TSC 2016 hanya melepas paling banyak dua pemain selama masa persiapan Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer