Sukses


Rapor 8 Pemain Debutan Timnas Indonesia saat Menjajal Malaysia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia yang didominasi wajah baru meraih hasil positif usai mengalahkan Malaysia 3-0 dalam laga uji coba di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016). Kemenangan ini menjadi pertanda baik bagi Tim Merah-Putih sebelum tampil di Piala AFF 2016, 19 November-17 Desember 2016.

Pada laga tersebut, duet lini depan, Boaz Solossa dan Irfan Bachdim tampil apik di hadapan publik sendiri. Bochi, sapaan akrab Boaz, memborong dua gol sedangkan Irfan berhasil mencetak satu gol ke gawang Tim Negeri Jiran yang dikawal, Khairul Fahmi Che Mat.

Selain aksi Boaz-Irfan dan kembalinya Andik Vermansah, laga perdana Timnas Indonesia pasca lepas dari sanksi FIFA itu juga menjadi panggung bagi para pemain debutan. Juru racik formasi asal Austria, Alfred Riedl memberikan kesempatan bagi 8 pemain untuk melakoni debut.

Dari delapan pemain tersebut, Riedl memberikan kepercayaan kepada tiga pemain baru, yakni Rudolof Yanto Basna, Abdul Rahman, dan Bayu Pradana bermain sejak menit pertama. Penampilan ketiganya juga masuk kategori lumayan.

Berikut rapor delapan pemain debutan Timnas Indonesia saat meladeni Malaysia versi Bola.com

2 dari 9 halaman

Rudolof Yanto Basna

Nilai: 7

Pemain asal Papua ini tampil lumayan dalam laga debutnya bersama Timnas Indonesia. Yanto bersama rekan duetnya di lini belakang, Fachrudin Aryanto sukses mengamankan gawang Tim Merah Putih dari kebobolan.

Meski begitu, penampilan Yanto Basna bukan tanpa cela. Bek Persib Bandung ini masih terlalu sering melakukan pelanggaran tak perlu yang merugikan Timnas Indonesia.

3 dari 9 halaman

Abdul Rahman

Nilai: 6,5

Pemain Persiba Balikpapan membayar kepercayaan Riedl dengan penampilan lugas di sektor kiri Timnas Indonesia. Mantan pemain Bontang FC dan Martapura FC ini juga kerap menghadirkan ancaman untuk pertahanan Malaysia lewat eksekusi bola mati.

Secara keseluruhan, pemain berusia 25 tahun bermain cukup bagus dalam mengawal sektor bek kiri Tim Merah Putih meski beberapa kali telat turun membantu pertahanan.

4 dari 9 halaman

Bayu Pradana

Nilai: 7

Performa kapten tim Mitra Kukar ini terlihat lebih menonjol dibandingkan Evan Dimas yang menjadi rekannya di lini tengah Tim Merah-Putih.

Bayu bukan hanya kuat dalam membantu pertahanan, namun juga rajin membantu serangan. Daya jelajah Bayu dalam laga melawan Malaysia juga patut diacungi jempol.

5 dari 9 halaman

Irsyad Maulana

Nilai: 6

Irsyad belum bisa mengeluarkan kemampuan terbaik seperti yang ia perlihatkan saat bermain di level klub. Pemain sayap berusia 22 tahun terlihat gugup dalam penampilan perdananya bersama Timnas Indonesia.

Sejak masuk menggantikan Zulham Zamrun pada awal babak kedua, Irsyad jarang memberikan ancaman ke daerah pertahanan lawan. Aksi individu dengan melewati beberapa pemain lawan dan umpan matang ke pemain depan juga belum terlihat dari mantan pemain Arema Cronus ini.

6 dari 9 halaman

Lerby Eliandry

Nilai: 6

Striker jangkung Pusamania Borneo FC tak mampu memberikan perbedaan di lini depan sejak masuk menggantikan Boaz Solossa pada awal babak kedua. Lerby terlihat kesulitan mencari celah di pertahanan Malaysia yang bermain lebih baik di babak kedua.

Jika melihat performa Boaz Solossa dan Irfan Bachdim, Lerby harus bekerja sangat keras untuk memikat hati Riedl. Maklum, sepajang laga ia tak bisa berbuat banyak untuk membahayakan gawang Harimau Malaya.

7 dari 9 halaman

Abduh Lestaluhu

Nilai: 5,5

Pemain PS TNI ini beberapa kali melakukan penetrasi ke lini depan yang membuat pertahanan Malaysia kerepotan. Sayangnya, Abduh masih terlihat kurang dalam memberikan umpan matang ke kotak penalti lawan.

Dalam hal membantu pertahanan, Abduh juga terlihat masih perlu banyak perbaikan. Dalam laga melawan Malaysia, sisi ofensif Abduh lebih terlihat ketimbang kemampuan bertahannya.

8 dari 9 halaman

Ichsan Kurniawan

Nilai: 5,5

Ichsan memperlihatkan penampilan yang lumayan untuk ukuran pemain berusia 20 tahun yang melakoni debut bersama Timnas. Pemain Sriwijaya FC ini berhasil memberikan stabilitas di lini tengah Tim Merah Putih pasca masuk menggantikan Irfan Bachdim pada menit ke-71.

Selama 19 menit, Ichsan terlihat percaya diri. Dalam sebuah momen, ia berani melakukan aksi individu untuk melewati pemain Malaysia.

9 dari 9 halaman

Indra Kahfi

Nilai : -

Penampilan perdana kakak kandung Andritany Ardhiyasa ini sulit untuk dinilai. Maklum, ia hanya bermain selama enam menit dalam laga uji coba melawan Malaysia.

Indra baru masuk pada menit ke-84 setelah menggantikan posisi bek kanan, Beny Wahyudi.

Video Populer

Foto Populer