Sukses


Gubernur Sulsel Tegaskan Makassar Siap Gelar Kongres PSSI

Bola.com, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, dan Danny Pomanto (Wali Kota Makassar) menegaskan kesiapan daerahnya jadi lokasi Kongres Pemilihan PSSI, 17 Oktober 2016.

"Sulsel dan Makassar sudah dipersiapkan jadi pilar kepentingan nasional termasuk penyelenggaraan konggres PSSI," tegas Syahrul pada jumpa media di Trans Studio Makassar, Selasa (13/9/2016) petang.

Selain Syahrul dan Danny, turut hadir dalam jumpa pers, Plt Ketum PSSI, Hinca Pandjaitan dan Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Menurut Syahrul, Sulsel, khususnya Makassar sangat siap jadi penyelenggara. "Kami sudah terbiasa jadi tuan rumah acara berskala nasional dan internasional. Sejauh ini semuanya berjalan lancar, aman, dan nyaman," ungkap Syahrul.

Hal senada dikatakan Danny Pomanto. Menurutnya, secara geografis, Makassar berada pada titik sentral Indonesia. Penerbangan dari dan ke Makassar terbilang lancar dan banyak. "Makassar juga baru saja membangun 10 hotel baru yang bisa dipergunakan peserta kongres," jelas Wali Kota Makassar itu.

Sementara itu, Hinca mengungkapkan meski belum menerima surat Menpora secara fisik, pihaknya mengaku sulit memenuhi permintaan Menpora Imam Nahrawi yang mengusulkan Yogyakarta sebagai lokasi digelarnya Kongres Pemilihan Biasa PSSI.

"Kami sudah mengirim surat ke voters, AFC, dan FIFA soal pelaksanaan dan lokasi kongres. Sejauh ini persiapannya sudah mencapai 90 persen," jelas Hinca.

Hinca menambahkan pihaknya akan menemui Menpora untuk memberikan penjelasan. "Indonesia baru terbebas dari sanksi FIFA. Kami berharap PSSI mendapat keleluasaan berorganisasi sesuai statuta," tegasnya.

Di sisi lain, Menpora Imam Nahrawi di Jakarta pada Selasa siang menjelaskan bila keinginan Kemenpora agar PSSI berkongres di Yogyakarta sebatas saran karena PSSI disebut meminta rekomendasi.

"Kami tahu semangat pembenahan sepak bola nasional adalah ingin melakukan reformasi total. Jadi, kami tarik kembali sesuai dengan semangat founding father PSSI yang menginginkan PSSI jadi alat pemersatu," kata Menpora.

Menpora Imam Nahrawi menambahkan bila peran pemerintah sebagai pembina sekaligus penanggung jawab olahraga nasional sehingga cabor apapun yang meminta rekomendasi sudah jadi kewajiban pemerintah memberikan rekomendasi.

"Toh, ini masalah tempat. Yang penting esensinya melaksanakan kongres. Jangan membesar-besarkan masalah tempat kongres ini," ujarnya.

 

 

Video Populer

Foto Populer