Sukses


JDT II Paksa Pulang 3 Pemain dari TC Timnas Malaysia

Bola.com, Kuala Lumpur - Pelatih Timnas Malaysia, Ong Kim Swee, sekali lagi mendapat batu sandungan dalam persiapan membangun tim menuju Piala AFF 2016. Terbaru, pada Rabu (28/92/106), ia kehilangan tiga pemain yang menjalani pemusatan latihan jelang partai uji coba melawan Singapura dan Afghanistan yang digelar pada 7 Oktober dan 11 Oktober 2016.

Tiga pemain itu, yakni Zaquan Adha Abd Radzak, Irfan Fazail, dan Darren Lok. Ketiganya tercatat bermain untuk klub yang sama, Johor Darul Ta'zim II (JDT II).

Seperti dikutip dari situs resmi Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Rabu (28/9/2016), tiga pemain itu ditarik pulang secara tiba-tiba oleh pihak JDT II pada hari kedua TC. Pada Rabu ini ketiganya sudah tidak terlihat dalam sesi latihan, meski sudah hadir saat Ong Kim Swee menggelar TC hari pertama, Selasa (26/9/2016).

Ong Kim Swee menjelaskan FAM pada Rabu pagi menerima surat dari JDT II yang berisi pernyataan bila klub yang bermain di kompetisi kasta kedua Malaysia itu, Malaysia Premier League, hanya akan melepas para pemainnya ke pemusatan latihan timnas empat hari sebelum pertandingan sesuai peraturan FIFA.

Ong Kim Swee tidak punya pilihan lain kecuali melepas tiga pemain itu kembali ke klub. "Jadi, kami harus menghormati aturan itu. Saya hanya bisa berharap ketiganya bisa bergabung sebelum pertandingan melawan Singapura," kata pelatih asal Melaka itu.

Dia menolak berbicara lebih lanjut perihal ini. Sebaliknya, ia langsung bergerak dengan memanggil dua pemain baru. Dua pemain itu adalah Nasir Basharudin (gelandang/Perak FA), Norshahrul Idlan Talaha (striker/Terengganu FA).

Kejadian ini oleh sejumlah media massa di Negeri Jiran sebagai tamparan buat Ong Kim Swee. Di saat kontroversi pasca pemanggilan pemain naturalisasi Darren Lok, yang akhirnya dipanggil pulang paksa oleh klubnya, belum mereda, pelatih 45 tahun itu harus menghadapi persoalan baru.

Sementara itu bukan kali ini saja JDT berani bersikap vokal. Pada medio Juli publik sepak bola Malaysia digemparkan dengan keputusan pensiun dini yang diambil empat pemain JDT dari timnas Malaysia.

Kendati menyampaikan alasan serupa, yakni demi regenerasi di timnas Harimau Malaysia, sempat tersiar kabar bila keputusan para pemain itu dipengaruhi manajemen klub. Kini yang terjadi, JDT II memanggil pulang pemainnya dari TC timnas proyeksi Piala AFF 2016 yang sedang berjalan.

Meski berasal dari dua klub berbeda, JDT dan JDT II, keduanya sama-sama merupakan kepunyaan Tunku Ismail Ibni Sultan Ibrahim yang merupakan Putra Mahkota Kesultanan Johor. Tunku Ismail belakangan dikenal vokal menyuarakan perubahan di sepak bola Malaysia yang dimulai dengan reformasi di tubuh FAM. 

 

Video Populer

Foto Populer