Sukses


Soal Kongres, PSSI Tegaskan Ikuti Instruksi FIFA Bukan Kemenpora

Bola.com, Makassar - PSSI resmi menunda jadwal Kongres Pemilihan PSSI dari 17 Oktober ke 10 November 2016. Begitu pula terkait lokasi kongres, rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di Hotel Novotel, Makassar, Sabtu (15/10/2016) malam sepakat memilih Jakarta.

"Waktu dan lokasi kongres ini sesuai dengan instruksi dari FIFA baik lewat surat maupun telepon. Sebagai anggota, PSSI wajib menjalankannya tanpa tekanan dari pihak eksternal dalam hal ini Kemenpora sebagai wakil pemerintah," ujar Hinca Panjaitan, Plt. Ketua Umum PSSI di rumah jabatan Gubernur Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan itu, Hinca menjelaskan kronologis terbitnya keputusan dari rapat Komite Eksekutif PSSI yang dihadiri Diza Rasyid Ali, Erwin Budiawan, Djamal Aziz, Hadiyandra, Husni Hasibuan, La Siya, Reva Deddy Utama, dan Tony Apriliani plus sekjen PSSI Azwan Karim.

"Kami memilih Makassar karena ingin sejalan dengan keinginan Presiden Jokowi yang ingin mengembangkan kawasan Timur Indonesia. Itu sudah diputuskan lewat rapat Komite Eksekutif PSSI dan disetujui oleh AFC-FIFA," jelas Hinca.

Menurut Hinca, setelah Makassar resmi ditunjuk, PSSI membentuk panpel lokal untuk mempersiapkan penyelenggaraan kongres.

"Semuanya berjalan lancar. Kami pun mendapat dukungan dari Gubernur Sulsel, Wali Kota Makassar, Pangdam VII Wirabuana, dan Kapolda Sulsel. Dukungan tersebut tetap kuat meski Kemenpora mengeluarkan surat rekomendasi agar kongres dipindahkan ke Yogyakarta," papar Hinca.

Panpel lokal Makassar sudah menjalin kerja sama dengan penyedia akomodasi dan tranportasi untuk melayani peserta kongres. "Tapi, dalam empat hari terakhir semuanya berubah drastis," ungkap Hinca.

Hinca menegaskan pertemuannya dengan Menpora Imam Nahrawi dan Agum Gumelar di kantor Kemenpora, Rabu (12/10/2016), yang memunculkan Jakarta sebagai lokasi altenatif bukan kesepakatan final.

"Karena yang berwenang mengubah keputusan adalah Komite Eksekutif PSSI. Seperti diketahui, hasilnya Makassar tetap tetap jadi tuan rumah. Pada saat itu, FIFA pun menyetujui keputusan PSSI," tegasnya.

PSSI, lanjut Hinca, bergeming meski Kemenpora mengirim surat ke FIFA terkait kongres. "Kami tetap serius mempersiapkan kongres. Tapi, semuanya berubah setelah kami mendapat surat dan instruksi langsung dari FIFA, Jumat (14/10/2016) malam yang intinya meminta kami menunda kongres jadi 10 November dan berlokasi di Jakarta," papar Hinca.

Sejalan dengan itu, seusai memutuskan mengikuti instruksi FIFA, PSSI segera mengirim surat pemberitahuan ke seluruh pemilik suara. "Malam ini langsung kami jalankan," kata Hinca.

 

Video Populer

Foto Populer