Sukses


Barisan Striker Timnas Indonesia di Mata Budi Sudarsono

Bola.com, Kediri - Barisan penyerang Timnas Indonesia yang akan terjun di Piala AFF menurut Budi Sudarsono dinilai telah mumpuni. Lini depan yang dikomandani striker senior sekaligus kapten tim Boaz Solossa dianggap Budi Sudarsono pilihan terbaik di antara para bomber nasional.

"Saya lihat Alfred Riedl punya misi khusus dalam pembentukan timnas kali ini. Dia menerapkan kombinasi pemain senior dan muda di semua lini. Khusus lini depan, Boaz Solossa pantas menjadi motor serangan," kata Budi Sudarsono.

Kehadiran Boaz Solossa, lanjut Budi Sudarsono, memberi kepercayaan diri dan rasa tenang bagi pemain lainnya. Namun mantan pilar Persija Jakarta itu menyatakan timnas masih butuh kesepahaman permainan antarindividu.

"Dari dua kali ujicoba, saya amati kerjasama antarpemain dan lini sudah terlihat. Namun itu masih harus ditingkatkan lagi. Tapi secara total, kekompakan pemain sudah terbentuk. Padahal mereka belum lama berlatih bersama. Termasuk adaptasi cepat yang ditunjukkan Irfan Bachdim yang notabene berkompetisi di Jepang," tutur Budi Sudarsono.

Eks penyerang Timnas Indonesia ini juga menilai Alfred Riedl sangat jeli memilih pemain sesuai skema permainan yang diinginkan.

"Kualitas seorang pelatih bisa dilihat dari cara dia memilih pemain. Ketika kompetisi di Indonesia berhenti, otomatis aktifitas pemain pun menurun. Tapi Riedl mampu melihat potensi baru yang layak berbaju timnas. Apalagi, kalau diamati, di timnas sekarang ini banyak muka-muka baru," ujarnya.

Timnas Indonesia sejauh ini telah memanggil 46 pemain yang bergantian mengikuti pemusatan latihan. Dari jumlah itu, pemain yang berposisi sebagai striker adalah Boaz Solossa, Irfan Bachdim, Lerby Eliandry, dan Ferdinand Sinaga. 

 

Video Populer

Foto Populer