Sukses


Euforia dan Misteri Timnas Indonesia di Piala AFF 2010

Bola.com, Jakarta - Euforia dan misteri. Dua kata itu tampaknya tepat untuk menggambarkan kiprah Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Berstatus sebagai salah satu tuan rumah, bersama Vietnam, Indonesia dilanda demam luar biasa terhadap Tim Merah-Putih.

Suatu hal yang sangat membanggakan melihat hampir seluruh masyarakat mendukung perjuangan Tim Garuda di Piala AFF 2010 atau edisi ke-8. Laki-laki, wanita, tua-muda, dari berbagai profesi, semuanya disatukan oleh Timnas Indonesia.

Keinginan melihat Timnas Indonesia berjaya sekaligus merebut trofi untuk pertama kalinya di turnamen paling akbar di kawasan Asia Tenggara ini jadi pendorong utama para suporter memenuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno. 

Stadion kebanggaan Indonesia itu bahkan tak sanggup lagi menampung antusiasme suporter yang datang dari seluruh Indonesia. Tiket pertandingan terjual begitu cepat. Para calon penonton terpaksa merogoh kocek lebih dalam demi selembar tiket dari tangan calo.

Kafe, hotel, hingga lapangan dipenuhi masyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan Tim Garuda dengan cara nonton bareng (nonbar). Jersey dan pernik-pernik timnas dari yang dijual di emperan hingga pusat perbelanjaan, laris bak kacang goreng.

Tidak hanya itu, seluruh media massa berlomba menyajikan berita sepak terjang Timnas Indonesia yang dilatih Alfred Riedl. Tak cukup pemain, tim pelatih, hingga ofisial tim yang dielu-elukan dan diburu awak media, keluarga, istri hingga kekasih para pemain mendadak jadi sorotan karena ikut jadi buruan media hiburan negeri ini. 

Euforia dan asa masyarakat Indonesia meninggi setelah melihat racikan Alfred Riedl di laga awal penyisihan Grup A begitu menjanjikan. Bagaimana tidak, bila Indonesia langsung menghempaskan busuh bebuyutan, Malaysia, dengan skor telak 5-1 di pertandingan pertama penyisihan grup.

2 dari 4 halaman

Euforia

Di Grup A, Indonesia dan Malaysia tergabung bersama Thailand dan Laos, sementara Grup B yang dimainkan di Vietnam dihuni tuan rumah bersama Filipina, Singapura, dan Myanmar.

Pada pertandingan kedua dan ketiga penyisihan grup, Indonesia lagi-lagi memberikan kegembiraan dengan menggulung Laos dengan skor 6-0 serta menumbangkan tim kuat, Thailand, dengan skor 2-1.

Secara khusus, kemenangan atas Thailand yang kala itu sudah tiga kali meraih trofi juara Piala AFF, diperoleh secara dramatis karena dihasilkan di menit akhir (menit 91) lewat penalti Bambang Pamungkas. 

Timnas Indonesia pun melaju ke semifinal sebagai juara grup dengan nilai sempurna, sembilan, mencetak total 13 gol dan hanya kebobolan dua gol. Langkah Indonesia ini diikuti Malaysia, yang jadi runner-up Grup A.

Di semifinal, Tim Merah-Putih bertemu tim kuda hitam, Filipina. Di luar dugaan Filipina mampu menyingkirkan Singapura dan Myanmar untuk jadi runner-up Grup B mendampingi Vietnam yang jadi juara grup.

Antusiasme suporter meledak selama mendukung perjuangan  Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. (AFP/Adek Berry)

Di semifinal, keberuntungan bak menaungi Indonesia. Pasalnya, Filipina terpaksa memainkan laga kandangnya (leg pertama semifinal) di Stadion GBK, karena AFF tidak memberikan rekomendasi Filipina memainkan laga kandang di Manila lantaran stadion yang masih belum memenuhi syarat.

Kepercayaan diri Timnas Indonesia pun membumbung tinggi. Sempat kesulitan membongkar pertahanan The Azkals, gol tunggal Cristian Gonzales menyudahi perlawanan Filipina pada leg pertama. Di leg kedua, pemain naturalisasi asal Uruguay itu kembali jadi pahlawan karena gol tunggalnya mengirim Indonesia ke final. 

Indonesia menyingkirkan Filipina di semifinal dengan agregat gol 2-0 dan mencapai final keempat sepanjang keikutsertaan di Piala AFF sejak edisi pertama pada 1996.

Di final, Indonesia kembali bersua musuh bebuyutan: Malaysia, yang membekuk Vietnam dengan agregat gol 2-0 di semifinal. 

Sentimen anti-Malaysia dan sebaliknya, yang sedang terjadi pada masa-masa itu membuat tensi jelang pertandingan puncak memanas. Pemerintah kedua negara pun terpaksa turun tangan mendinginkan suporter masing-masing yang sudah "berperang" lewat media sosial. 

3 dari 4 halaman

Misteri

Datang dengan motivasi dan semangat tinggi, Indonesia di luar dugaan dikalahkan Malaysia dengan skor 0-3 di leg pertama yang dimainkan di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada 26 Desember 2010. Tiga gol seluruhnya tercipta di babak kedua lewat Safee Sali (dua gol) dan Ashaari Shamsuddin.

Sejumlah insiden terjadi di leg pertama itu. Semisal protes yang dilancarkan para pemain Indonesia pada menit ke-53 dengan meninggalkan lapangan akibat adanya sinar laser dari penonton yang diarahkan ke kiper Markus Horison. Kabarnya, hal itu sebagai pembalasan karena saat pertemuan di penyisihan grup, ditengarai suporter Indonesia melakukan hal sama terhadap kiper Malaysia, Mohd Sharbinee.

Indonesia pun memikul beban berat di leg kedua, 29 Desember 2010, karena harus mencetak lebih dari tiga gol agar bisa menyamakan skor dan untuk jadi juara, harus lebih banyak gol lagi yang diciptakan serta menjaga gawang agar tidak kebobolan.

Dengan dukungan puluhan ribu suporter setia di Stadion GBK, perjuangan yang dilakukan Tim Merah-Putih mencapai garis akhir. Indonesia menang 2-1 lewat gol Nasuha dan M. Ridwan, namun tetap gagal merengkuh gelar juara karena kalah agregat gol 2-4. 

Para pemain Timnas Indonesia hanya bisa terdiam, kontras dengan timnas Malaysia usai membobol gawang Indonesia di final leg kedua Piala AFF 2010 di Jakarta. (AFP/Bay Ismoyo)

Banyak kalangan menilai bila saja penalti Firman Utina pada menit ke-18 sukses jadi gol, hasil pertandingan kala itu akan berbeda. Alih-alih menjebol gawang lawan terlebih dulu, Malaysia justru lebih dulu membobol gawang Indonesia lewat Safee Sali pada babak pertama. Sementara dua gol Indonesia tercipta di babak kedua.

Penyesalan dan luapan ketidakpuasan bermunculan di kalangan pencinta sepak bola Indonesia. Terlebih, setelah muncul dugaan adanya "permainan" yang dilakukan petinggi PSSI yang membuat Tim Merah-Putih kalah telak 0-3 pada leg pertama.

Rumor tidak sedap yang perihal partai final yang diwarnai adanya bandar judi besar dan para petinggi PSSI ada di balik hal itu, berembus kencang. Keberadaan beberapa oknum petinggi PSSI yang berada di ruang ganti pemain saat pertandingan dikabarkan jadi salah satu bukti hal itu.

Selain itu, penampilan sejumlah pemain yang di partai final tidak seperti biasanya, membuat isu semakin santer terdengar. Beberapa pemain ditengarai sudah dibeli untuk membuat Tim Merah-Putih kalah.

Belum lagi, adanya surat kaleng yang dikirimkan dengan identitas Eli Cohen kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Surat itu membeberkan adanya dugaan suap di partai final Piala AFF 2010 itu serta meminta Presiden SBY menyelidiki dugaan itu.

Hanya, sampai sekarang, apa yang sebenarnya terjadi pada partai final enam tahun lalu itu masih jadi misteri. Tidak ada penyelidikan yang dilakukan dan pencinta Tim Garuda harus puas dengan jawaban bila timnas kesayangan memang kalah kualitas dan permainan dari Timnas Malaysia.

4 dari 4 halaman

Boaz Solossa dicoret

Bicara soal komposisi pemain yang diturunkan Alfred Riedl di Piala AFF 2010, pelatih asal Austria itu menampilkan skema 4-4-2 dengan mengandalkan Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim sebagai duet ujung tombak.

Sektor sayap kiri diisi Oktovianus Maniani sedangkan sayap kanan jadi milik Muhammad Ridwan. Dua sayap itu ditopang Firman Utina dan Ahmad Bustomi di tengah.

Sementara empat bek dihuni M. Nasuha sebagai bek kiri, Maman Abdurrahman dan Hamka Hamzah di pos bek tengah, serta Zulkifli Syukur (bek kanan). Di belakang mereka ada Markus Horison yang berdiri menjaga gawang Indonesia. 

Tim ini merupakan perpaduan pemain senior, semisal Bambang Pamungkas, Firman Utina dengan pemain yang terbilang baru memiliki jam terbang minim di timnas senior seperti Johan Juansyah, Yongki Aribowo, Kurnia Meiga, dan Beny Wahyudi.

Oktovianus Maniani, salah satu pemain muda yang dipercaya Alfred Riedl sebagai pemain utama di Timnas Indonesia Piala AFF 2010. (AFP/Adek Berry)

Nama Boaz Solossa yang pada 2010 tampil gemilang bersama Persipura, jadi pemain terbaik ISL dan pencetak gol terbanyak musim 2010, justru ditepikan Alfred Riedl karena dianggap mangkir dari panggilan menjalani pemusatan latihan. Alfred, yang mengedepankan kedisiplinan, tidak bersedia menerima pemain yang telat bergabung dalam pelatnas.

Kolaborasi pemain veteran dan muka baru itu berjalan apik. Tim Merah-Putih mampu menyuguhkan permainan menghibur dengan umpan-umpan pendek dipadukan bola-bola panjang. 

Kendati akhirnya gagal lagi untuk meraih gelar juara, permainan cepat penuh semangat yang diperagakan Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 tetap mampu mengundang pujian, hingga insiden di partai final menodai dan jadi antiklimaks bagi Tim Merah-Putih. 

Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2010Kiper: Markus Horison, Ferry Rotinsulu, Kurnia MeigaBelakang: M. Nasuha, Zulkifli Syukur, Maman Abdurrahman, Beny Wahyudi, M. Roby, M. Ridwan, Hamka Hamzah, Yesaya DesnamTengah: Tony Sucipto, Eka Ramdani, Oktovianus Maniani, Arif Suyono, Firman Utina, Ahmad BustomiDepan: Cristian Gonzales, Johan Juansyah, Irfan Bachdim, Bambang Pamungkas, Yongki Aribowo

Perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2007Penyisihan Grup A1 Desember 2010Indonesia vs Malaysia 5-1 (Asraruddin Putra Omar 22' (og), Cristian Gonzales 33', M. Ridwan 52', Arif Suyono 76', Irfan Bachdim 94'; Norshahrul Idlan Talaha 18')4 Desember 2010Laos vs Indonesia 0-6 (Firman Utina 26' (p), M Ridwan 33', Irfan Bachdim 63', Arif Suyono 77', Okto Maniani 82')7 Desember 2010Indonesia vs Thailand 2-1 (Bambang Pamungkas 82' (p), 91' (p); Suree Sukha 69')

Semifinal16 Desember 2010 (leg pertama)Filipina vs Indonesia 0-1 (Cristian Gonzales 32')19 Desember 2010 (leg kedua)Indonesia vs Filipina 1-0 (Cristian Gonzales 43')

Final26 Desember 2010 (leg pertama)Malaysia vs Indonesia 3-0 (Safee Sali 61', 73', Ashaari Shamsuddin 68')29 Desember 2010 (leg kedua)Indonesia vs Malaysia 2-1 (M. Nasuha 73', M. Ridwan 87'; Safee Sali 54')

 

Video Populer

Foto Populer