Sukses


Rudolof Yanto Basna Anggap Filipina Kuda Hitam Berbahaya

Bola.com, Jakarta - Rudolof Yanto Basna bersiap menjalani debut pada Piala AFF 2016. Meski skuat utama Timnas Indonesia belum diumumkan secara resmi, bek Persib Bandung kemungkinan besar akan mengisi pos bek tengah skuat Garuda.

Dalam empat laga uji coba Timnas Indonesia untuk persiapan Piala AFF 2016, jebolan Timnas Indonesia U-19 diturunkan menjadi pemain inti. Yanto berduet dengan bek Sriwijaya FC, Fachruddin Wahyudi Aryanto.

Bila diturunkan menjadi pemain inti dalam babak penyisihan Grup A, pemain asal Sorong, Papua Barat siap tampil habis-habisan. Menurut Yanto Basna, Timnas Indonesia menghadapi tantangan berat karena harus melawan Thailand dan Filipina.

"Ya, selain Thailand yang memang diprediksi bakal juara lagi, Filipina juga tidak bisa dianggap remeh. Bahkan mereka bisa jauh lebih berbahaya. Faktor lain yang membuat mereka patut diwaspadai adalah mereka akan tampil maksimal karena berlaga di kandang sendiri," tegas Yanto Basna.

Selain diperkuat mayoritas pemain keturunan, persiapan Filipina juga jauh lebih baik ketimbang Indonesia. Dari hasil uji laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 maupun uji coba, Filipina pernah tampil mengejutkan dengan mengalahkan Korea Utara 3-2 di Manila, 29 Maret 2016. Tim besutan Thomas Dooley juga mengalahkan Kyrgyzstan dalam uji coba tandang. 

"Mungkin dari segi materi hampir sama dengan Indonesia, tapi mereka sudah membentuk tim sejak lama jadi ada banyak waktu untuk persiapan," kata Yanto Basna.

Yanto Basna juga akan mengevaluasi penampilannya selama empat laga uji coba. Dari empat pertandingan itu, Timnas Indonesia kebobolan lima gol, yakni saat ditahan imbang Vietnam 2-2 di Sleman dan kalah 2-3 dari Vietnam di Hanoi.

 

Video Populer

Foto Populer