Sukses


Respons PSM soal Wacana Wasit Asing di Liga Resmi 2017

Bola.com, Makassar - Manajemen PSM Makassar memberi tanggapan normatif terkait wacana pemakaian wasit asing di liga resmi tahun depan. PSM menilai wacana itu bagus, hanya tidak mutlak harus diterapkan.

"Kalau wasit asing hanya sebagai pembanding tidak ada masalah," ujar Ramli Manong, media officer PSM kepada Bola.com, Kamis (17/11/2016).

Sebelumnya, Joko Driyono, Wakil Ketua Umum PSSI, melontarkan wacana pemakaian wasit asing pada sejumlah pertandingan di liga resmi musim depan.

Menurut Ramli, sebenarnya kualitas wasit Indonesia sudah lumayan. "Tinggal dioptimalkan saja. Selain itu, aturan dan sanksi harus dipertegas," papar Ramli.

Ramli meminta operator kompetisi mempertimbangkan kenaikan gaji wasit agar mereka lebih profesional dalam bekerja dan tahan godaan dari berbagai oknum yang ingin merusak kompetisi di Indonesia.

"Tapi, kalau gaji sudah naik lalu masih ada wasit yang melakukan pelanggaran, hukum saja seberat-beratnya. Misalnya dengan tidak boleh memimpin selama satu musim," ucapnya.

Terkait dengan kepemimpinan wasit di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo, Ramli menilai membaik jelang TSC 2016 memasuki partai-partai akhir. "Hanya diawal saja yang kurang baik. PSM berkali-kali dirugikan pada partai tandang," ungkapnya.

Ramli sekali lagi menegaskan soal punishment and reward yang diterima wasit wajib seimbang dan diberlakukan secara tegas. "Regulasinya harus sama dengan ketegasan operator kepada panpel dan tim. Kalau ada pelanggaran pada satu partai, langsung diberikan hukuman berupa saksi atau denda uang," pungkas Ramli mengakhiri pembicaraan.

 

 

Video Populer

Foto Populer