Sukses


Zulham Zamrun Buat Kesalahan Konyol Melawan Filipina

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia nyaris memetik tiga poin pada laga keduanya di Piala AFF 2016. Bersua Filipina, Selasa (22/11/2016) di Philippine Sports Stadium, Indonesia dua kali unggul lebih dulu berkat gol yang dicetak Fachrudin Wahyudi Aryanto dan Boaz Solossa. Sayang, kesalahan fatal yang dilakukan Zulham Malik Zamrun pada menit ke-82 menghukum Indonesia. Tim Merah Putih pun harus puas dengan skor 2-2.

Pengamat sepak bola asal Surabaya, Yusuf Ekodono, menyesalkan pelanggaran yang dilakukan Zulham di dekat kotak penalti. Menurutnya, tindakan sayap Persib itu sangat sembrono. Pasalnya, ia tak semestinya melakukan pelanggaran tidak perlu yang mengakibatkan Filipina mendapatkan tendangan bebas.

“Zulham seharusnya tahu Filipina memiliki Phil Younghusband yang jago tendangan bebas. Sebelum tendangan bebas kedua yang berbuah gol itu, Younghusband sudah menunjukkan kemampuannya saat mengeksekusi bola mati. Untung saat itu tendangannya masih mampu ditepis Kurnia Meiga karena arahnya tepat ke kiper,” keluh striker timnas era 1990-an itu.

Pelanggaran itu disebut Yusuf sangat konyol untuk pemain senior seperti Zulham. Apalagi sebagai pemain yang sama-sama mempunyai kemampuan mengeksekusi bola mati, Zulham seharusnya tahu jarak ideal untuk menjaringkan bola lewat bola mati.

Baginya, keputusan Zulham melanggar Younghusband yang berujung blunder itu suatu kesalahan besar. Sebab, di saat yang sama masih banyak pemain belakang Indonesia yang sudah menunggu untuk mengadang pemain Filipina tersebut. Menurutnya, penyerang sayap klub Persib Bandung itu seharusnya cukup hanya membayangi agar pemain Filipina itu tak leluasa.

“Pelanggaran semacam itu mungkin tidak masalah jika dilakukan jauh dari kotak penalti, tapi akan menjadi masalah besar bila hal itu terjadi pada jarak yang ideal, dua sampai tiga meter di depan kotak penalti dengan sudut tembak sebaik Filipina kemarin. Zulham seharusnya bisa menunggu pemain Filipina itu bergerak ke kanan atau ke kiri, baru ia memotong bolanya,” ucapnya dengan nada kecewa.

Yusuf pun berharap dari kejadian itu Zulham dan pemain Timnas Indonesia lainnya memetik pelajaran berharga dan tidak mudah melakukan pelanggaran di dekat area berbahaya.

Video Populer

Foto Populer