Sukses


Timnas Singapura Anggap Main di Rumput Buatan Jadi Keuntungan

Bola.com, Manila - Timnas Singapura mungkin sedikit merasa di atas angin setelah mengetahui laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF 2016 dimainkan di Stadion Rizal Memorial, yang memiliki rumput sintetis alias buatan. Buat The Lions, main di atas rumput buatan bukan hal besar.

Pasalnya, para pemain timnas Singapura sudah terbiasa lantaran lapangan jenis ini banyak ditemui di negara mereka. Bahkan markas timnas, Stadion Jalan Besar, juga berumput buatan. Alhasil, Hassan Sunny dkk. tak khawatir membutuhkan waktu beradaptasi.

Bahkan skuat asuhan pelatih V. Sundramoorthy ini terang-terangan menganggap bermain dengan permukaan rumput sintetis sebagai keuntungan buat mereka, bila dibandingkan Timnas Indonesia yang dinilai tidak terlalu sering bermain di lapangan berumput artifisial.

"Kami ingin menganggap hal ini (bermain di rumput buatan) sebagai keuntungan buat kami karena rumput di lapangan ini mirip dengan yang kami miliki di Stadion Jalan Besar beberapa tahun lalu," kata gelandang timnas Singapura, Hariss Harun.

"Bahkan, ukuran lapangan sangat mirip. Jadi, saya berharap kami bisa memanfaatkan keunggulan ini. Tapi pada akhirnya, tim yang terbaik yang akan menang. Kami sangat fokus dan saling menyemangati satu sama lain dan kami tahu apa yang harus dilakukan," imbuh Hariss dikutip di Today, Kamis (24/11/2016).

Striker Khairul Amri juga menyebut Stadion Rizal Memorial mengingatkannya pada Stadion Jalan Besar. Secara khusus, kembalinya timnas Singapura ke Rizal Memorial membuka kenangan striker yang pernah berkiprah di Liga Indonesia bersama Persiba Balikpapan itu.

Pada Piala AFF 2012, Singapura menantang Filipina dalam pertandingan leg pertama semifinal. Laga ini dimainkan di Stadion Rizal Memorial, yang kala itu berumput asli. Khairul Amri gagal mencetak gol dan Singapura hanya mampu mencuri satu poin setelah bermain 0-0 dengan tuan rumah.

Singapura akhirnya ke final setelah di leg kedua dalam pertandingan di Stadion Jalan Besar yang berumput buatan, Khairy Amri mencetak gol tunggal kemenangan The Lions.

The New Paper menulis bila Khairul Amri terlihat sangat nyaman dan mengenal permukaan Stadion Rizal Memorial dalam sesi latihan jelang menghadapi Indonesia. Ia beberapa kali melatih tendangan dan menceploskan bola ke gawang, seperti layaknya latihan di rumah sendiri. 

"Sejak hari pertama, motivasi tim selalu bagus dan kami mengapresiasi fans yang selalu mendukung kami, terutama dalam dua pertandingan sebelumnya. Timnas Singapura akan habis-habisan untuk mencapai hasil positif di laga nanti," ujar Khairul Amri.

 

Video Populer

Foto Populer