Sukses


Panpel Timnas Indonesia Vietnam Siapkan Helikopter buat Jokowi

Bola.com, Cibinong - Buat pengamanan kedatangan Presiden RI Joko Widodo di leg pertama semifinal Piala AFF 2016 antara Timnas Indonesia kontra Vietnam di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (3/12/2016), panpel lokal PSSI menyiapkan helikopter.

Helikopter disiapkan jika memang arus lalu lintas di sekitar stadion padat, menyulitkan Jokowi dan para pengawalnya datang atau meninggalkan stadion.

"Penggunaan helikopter juga akan disesuaikan dengan kondisi cuaca. Jika memang hujan disertai angin kencang kemungkinan tidak dipakai. Namun, buat kepentingan pengamanan Presiden helikopter stand by di lokasi dekat stadion," ungkap Nugraha Setiawan, Security Officer.

Helikopter untuk membawa kepala negara stand by di Pangkalan Atang Sanjaya, Semplak, Bogor. Begitu mendapat komando dari dari pasukan pengawal stadion, panpel lokal PSSI langsung menginstruksikan pesawat mini tersebut menuju Istana Negara di Bogor.

Untuk pengamanan pertandingan semifinal pertama Piala AFF 2016, pengamanan pihak kepolisian menembus angka 3.330 personel. Mereka menyebar ke berbagai area tidak hanya di sekitar area stadion. Guna mensterilkan venue pertandingan juga ditugaskan 500 personel tentara. Mereka dibantu pasukan PS TNI dengan jumlah sama.

"Izin pertandingan dari Mabes Polri resminya baru keluar Sabtu (3/12/2016) pagi ini. Waktu persiapan yang mepet tak jadi kendala bagi panpel lokal, karena kami mendapat bantuan dari berbagai pihak," jelaas Nugroho, yang selama ini menjadi orang kepercayaan PSSI mengatur pengamanan duel-duel internasional melibatkan Timnas Indonesia.

Total tiket pertandingan Timnas Indonesia kontra Vietnam yang dilepas ke masyarakat luas sebanyak 27 ribu lembar dari total kapasitas tempat duduk Stadion Pakansari yang angkanya 30 ribu.

Antusiasme penggila bola Tanah Air memberi dukungan langsung kepada Tim Merah-Putih sudah terlihat sejak Sabtu (3/12/2016) siang.

Panpel lokal PSSI cukup cerdik mengatur sistem pengamanan suporter. Area stadion dibuat steril dari kendaraan yang mengangkut suporter. Area parkir dialihkan ke kawasan sekitar Pemda Bogor yang jaraknya sekitar 6 km dari venue duel Timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2016.

 

Video Populer

Foto Populer