Sukses


Jacksen Tiago Dilatih Pelatih Timnas Brasil demi Tujuan Mulia

Bola.com, Rio de Janeiro - Jacksen F. Tiago tidak mau setengah-setengah dalam menjalani karier kepelatihannya. Maka itulah, ia memilih pulang ke kampung halamannya di Rio de Janeiro, Brasil, guna mengikuti kursus kepelatihan Lisensi Pro tahap akhir.

Sesuai jadwal, kursus kepelatihan tersebut berlangsung sejak 6-16 Desember 2016 di Granja Comary (markas besar Timnas Brasil) di Teresopolis. Setelah lulus dari kursus tersebut, Jacksen akan mengantongi lisensi kepelatihan tertinggi. "Semoga semua berjalan lancar sampai akhir," harap Jacksen.

Tidak mudah bagi Jacksen F. Tiago dan pelatih lain untuk mendapatkan lisensi tersebut. Pasalnya, ada serangkaian ujian, baik tulis maupun praktik, yang harus dijalani. Karena itulah, butuh persiapan matang bagi eks pelatih Persebaya, Persipura, dan Penang FA (Malaysia) itu untuk menjalani kursus tersebut.

"Selama ini saya tidak berhenti belajar. Setiap ada waktu senggang, saya sempatkan untuk belajar. Dan yang perlu dicatat, sangat sulit untuk bisa lulus dari kursus tahap ini," katanya.

Besar harapan Jacksen bisa lulus dengan hasil bagus sehingga ia bisa mentransformasikan ilmu kepelatihannya ke sepak bola Indonesia. Ia juga berharap dengan menempuh kursus fase ini, ilmu kepelatihannya semakin bertambah, dan bisa memberikan yang terbaik bagi klubnya musim depan, Barito Putera.

Ada pun pelatih top kelas dunia yang menjalani kursus kepelatihan bersama dengan Jacksen, yakni Toninho Cerezo (pemain Piala Dunia 1982), Roque Jr. (mantan pemain AC Milan dan Piala Dunia 2002), Paulo Silas (pemain Piala Dunia 1986-1990), Ricardinho alias Ricardo Luis Pozzi Rodrigues (Pemain Piala Dunia 2000-2006), Alexandre Gama (Burriram-Thailand), kiper legendaris AC Milan dan Tim Nasional Brasil, Nelson de Jesus Silva alias Dida.

Salah satu instruktur di kursus tersebut adalah pelatih Timnas Brasil, Adenor Leonardo Bacchi. Kesempatan itu tidak dilewatkan Jacksen F. Tiago. Ia meminta berpose dengan pria yang akrab disapa Tite itu di sela-sela kursus.

Jacksen F. Tiago bersama rekan dan instruktur kursus kepelatihan lisensi Pro di Brasil. (Bola.com/Istimewa/Fahrizal Arnas)

 

Video Populer

Foto Populer