Sukses


Siroch Chatthong, Pendatang Baru Pemberi Mimpi Buruk Indonesia

Bola.com, Jakarta - Siroch Chatthong jadi mimpi buruk Timnas Indonesia. Dua golnya ke gawang Kurnia Meiga di leg kedua final Piala AFF 2016, Sabtu (17/12/2016) di Stadion Rajamangala, Bangkok, membuat timnas Thailand menang 2-0.

Kemenangan itu membuat Timnas Thailand unggul dengan agregat gol 3-2 dan mengunci gelar juara Piala AFF untuk kelima kalinya.

Gol pertama Siroch Chatthong tercipta pada menit ke-37 setelah bola muntahan Fachrudin Wahyudi Aryanto mengenainya dan langsung menghujam gawang Kurnia Meiga.

Sedangkan gol kedua yang terjadi hanya dua menit setelah turun minum, berawal dari umpan Chanathip Songkrasin di sisi kanan pertahanan Indonesia. Dengan membalikkan badan dan mengincar posisi gawang, bola dilesakkannya untuk memperdaya Kurnia Meiga kedua kalinya.

Gol itu membuat Siroch Chatthong jadi pahlawan Thailand. Penampilannya di leg kedua final Sabtu malam ini seolah menutup sinar penyerang kawakan The War Elephants, Teerasil Dangda, yang gagal menaklukkan Kurnia Meiga dalam eksekusi penalti.

Dua gol yang dihasilkan Siroch Chatthong melengkapi koleksi gol penyerang klub Divisi Satu Liga Thailand, Ubon UMT United, itu menjadi tiga gol di Piala AFF edisi ke-11 tahun ini. Sebagai catatan, musim depan Ubon UMT United promosi ke kasta tertinggi Thailand, Thai League, setelah menduduki posisi kedua di klasemen akhir musim 2016.

Di sisi lain, jumlah tiga gol yang dikoleksi Siroch Chatthong di Piala AFF 2016 sama seperti Boaz Solossa dan rekan satu timnya, Sarawut Masuk.

Bagi penggemar sepak bola di Indonesia, nama Siroch Chatthong memang kalah beken bila dibandingkan Teerasil Dangda, Tanabon Kesarat, Chanathip Songkrasin, maupun Teerathon Bunmathan. 

Bisa dimaklumi karena baru tahun ini, tepatnya pada September 2016 saat Thailand bermain di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2016 zona Asia melawan Jepang, penyerang 24 tahun itu bermain untuk timnas senior Thailand.

Di Piala AFF 2016 ini ia juga terhitung bukan pemain inti. Dari tujuh pertandingan yang dijalani The War Elephants hingga laga final, Siroch Chatthong tercatat hanya tiga kali jadi bermain sebagai starter, sisanya masuk sebagai pemain pengganti.

Tiga partai yang dijalani Siroch Chatthong dengan status sebagai pengisi starting eleven adalah saat timnas Thailand melawan Indonesia dan Singapura di penyisihan Grup A serta di final leg kedua melawan Indonesia pada Sabtu malam ini.

Satu dari tiga gol yang dihasilkan Siroch Chatthong selama Piala AFF 2016, tercipta saat melawan Myanmar di leg kedua semifinal. Ketika itu Thailand menghantam Myanmar dengan skor 4-0 sekaligus memastikan lolos ke final dengan agregat gol 6-0.

Gol itu cukup spesial karena dilesakannya saat berulang tahun ke-24 pada 8 Desember 2016. Ia cukup emosional merayakan gol hasil umpan Charyl Chappuis itu. 

Bisa dipastikan, dua gol yang diceploskan di leg kedua final ke gawang Kurnia Meiga pada Sabtu malam ini akan diingat Siroch Chatthong. Sebaliknya, Kurnia Meiga juga bakal susah tidur karena dibobol pemain klub level kasta kedua serta pendatang baru di timnas Thailand. 

 

 

 

Video Populer

Foto Populer